Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sampolawa

Penulis

  • Artati Iriana Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rismayani Armin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Alsum Alsum Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v9i2.1360

Kata Kunci:

motivasi, belajar, prestasi

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sampolawa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sampolawa dan merupakan penelitian ex post facto yaitu penelitian yang dilakukan terhadap suatu kejadian yang telah berlangsung dan peneliti tidak mengendalikan variabel bebas secara langsung karena eksistensi dari variabel tersebut telah terjadi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sampolawa yang tersebar dalam 7 kelas yang berjumlah 140 siswa, sedangkan sampel penelitian yakni siswa kelas VIII.3, VIII.5 dan VIII.6 sebanyak 57 siswa yang dipilih melalui simple random sampling. Instrumen dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan regresi sederhana dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sampolawa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis bahwa nilai  sebesar 19,781 >  sebesar 4,02. Disamping itu koefisien determinasi sebesar 0,265 atau 26,50%  prestasi belajar matematika dijelaskan oleh variabel motivasi belajar, sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardiati. 2012. Pengaruh Sikap Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Pasarwajo. Skripsi. Baubau: Universitas Dayanu Ikhsanuddin.

Arikunto, S. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, A. & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Manuhutu, S. 2015. Analisis Motivasi Belajar Internal Siswa Program Akselerasi Kelas VIII SMP Negeri 6 Ambon. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol.3. No.1.

Nasution, S. 2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahyubi, H. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung: Nusa Media.

Ramlah, dkk. 2014. Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika ( Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi. Vol. 1. No. 3.

Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Santoso, A. 2010. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Siswa Tinjauan Berdasarkan Data TIMSS 2007. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, S.E.P. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Iriana, A., Armin, R., & Alsum, A. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sampolawa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 9(2), 95-101. https://doi.org/10.55340/japm.v9i2.1360

Terbitan

Bagian

Articles