Pengaruh Metode BAPER (Batang Perkalian) Lidi dalam Menyelesaikan Soal Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MIN 1 Wakatobi
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v9i2.1361Kata Kunci:
perkalian, matematika, metodeAbstrak
Rumusan masalah ini apakah ada pengaruh metode baper (batang perkalian) dalam menyelesaikan soal perkalian terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V Madrasah Ibtidaiah Negeri 1 Wakatobi dengan tujuan untuk mengetahui bahwa ada pengaruh metode BAPER (Batang Perkalian) lidi dalam menyelesaikan soal perkalian terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V Madrasah Ibtidaiah Negeri 1 Wakatobi.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi eksperimen. Pada penelitian ini memiliki Populasi sebanyak 60 siswa dan pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster rondom sampling untuk yaitu pengambilan sampel kedalam beberapa kelompok berdasarkan kategori atau karakteristik yang natural. sampel yang di gunakan sebanyak 20 untuk kelas eksperimen dan 20 siswa untuk kontrol, Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen berbentuk tes soal esay, pada penelitian ini pengolahan data terbagi menjadi 2 yaitu uji prasyarat di mana ada uji normalitas dan homogenitas selanjutnya adalah uji hipotesis dengan uji yang dipakai adalah uji independen sampel test. dari hasil penelitian dan pembahasan nilai signifikan dari uji independent sampel test menunjukkan nilai sebesar 0,000 > dari 0,05 maka dapat di tarik kesimpulan bahwa H1 di terima yang artinya ada pengaruh dari metode BAPER (Batang Perkalian) lidi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiah Negeri 1 WAKATOBI
Unduhan
Referensi
Azis, A., & Dewangga, J. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Explicit Intruction dan Reward and Punishment ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.31219/osf.io/7xh46
Syahrin, S., & Azis, A. (2021). Efektivitas Pendekatan Open-Ended Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Talaga Raya. Jurnal Akademik FKIP Unidayan. https://doi.org/10.55340/fkip.v9i2.424
Abrar, & Prasasti, A. I. (2018). Jenis-Jenis Belajar Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1), 51–62. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i1.218
Andre Payadnya, P. ade, Hermawan, M. S., Ayu, I., & Rulianto. (2022). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas(PTK) (Z. A. Sari (ed.)). CV BUDIi UTAMA. https://www.google.co.id/books/edition/Panduan_Lengkap_Penelitian_Tindakan_Kela/5RF2EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+hasil&pg=PA84&printsec=frontcover
Aprida, P., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/f/article/view/945
Armin, R., & Nurhasmi, I. (2019). Pengaruh Penguasaan Bilangan Bulat Terhadap Penguasaan Konsep Aljabar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Siompu. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5.
CITRA, R. J. (2017). Pengaruh Media Lidimatika Dalam Pembelajaran Etnomatematika Sunda Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia. https://onesearch.id/Record/IOS4802.1293?widget=1
Dayanti. (2021). Peningkatan kemampuan operasi hitung perkalian melalui penggunaan media batang perkalian pada murid tunanetra kelas v di slb-a yapti makassar. http://eprints.unm.ac.id/22505/
Ediyanto, E., Liesdiawati, L., Sunandar, A., & Hastuti, W. D. (2023). Changes in Numeracy Skills of Deaf Students at Malang Special Primary School in Mathematics Learning using Ice Cream Stick Media. 1(4), 19–24. https://doi.org/10.47750/pegegog.1
Hasmilah, H. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Sejarah Dengan Menggunakan Alat Peraga Peta Siswa Kelas VII A SMP Negeri 12 Buton Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Akademik Unidayan, 124, 131–139. https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/fkip
Hidayati, N., Anisah, N. K., Syarif, N. R., & Shanti, W. N. (2018). Pembelajaran Lidimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Operasi Perkalian. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5, 55–63. http://jurnal.uns.ac.id/jpm
Insan, N. A. F. (2016). Perbandingan Pembelajaran Menggunakan Media Lidimatika Dengan Jarimatika Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus Serang. https://onesearch.id/Record/IOS14013.22648?widget=1
Jais, E., & Faizal, la ode. (2019). Pengaruh Penggunaan Strategi Mean Ends Analysis (MEA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Batauga. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika,. jurnal akademik pendidikan matematika FKIP UNIDAYAN. https://ejournal.unidayan.ac.id/index.php/JAM/article/view/66/48
Kania, N. (2018). Alat peraga untuk memahami konsep pecahan. Jurnal Theorems, 2(2), 1–12. https://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/699
Lelawarna, L. (2018). Effort Increasing Learning Result Of Communication Operations Calculating Methods Using Napier Bone Students Class Students In Basic Schools 12 Tebat Karai. Pendidikan Guru Sekolah. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pgsd/article/download/6240/2988
Muliati, & Rasmuin. (2020). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Baubau. Jurnal Akademik FKIP UNIDAYAN. https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/fkip
Munandar, BP, A. R., Yumriani, S. A., Fitriani, A., & Karlina, Y. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. 2, 2. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul
Ninggsi, R. O. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Dengan Media Lidimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian di Kelas III SD Babussalam Pekanbaru. http://repository.uin-suska.ac.id/58215/
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Pengertian Pendidikan, 4. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498
Rahmatunnisa, S., Imam Mutjaba, Pinasti, R., Barokah, R. A., Rahmah, & Izzatur, S. (2022). Pengembangan Media Papan Baper (Batang Perkalian) Dalam Materi Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Kelas II SDN Margahayu XIX. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Rifai, ahmad yasir, Safitri, D., Hidayati, ariana dwi, Narimoati, H., & Bella. (2020). Cara Senang Belajar Matematika ( aprilia nurul Cahatna (ed.)). pustaka rumah clta. https://www.google.co.id/books/edition/28_Cara_Senang_Belajar_Matematika/F3sgEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=batang+perkalian+adalah&pg=PA405&printsec=frontcover
Sardin, S., & Naenu, B. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7, 100–107. https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.420
Siti Ma’rifah, S. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar ? Guru Bimbingan Dan Konseling MTs Negeri 4 Kota Surabaya, 35. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/helper/article/view/1458
Suryani. (2019). Pengaruh Media Lidi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas II SD Negeri 1 Bolo Kabupaten Bima. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/6270-Full_Text.pdf
Suttrisno, S. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar. Universitas Trunojoyo Madura, 8, 35–43. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/12951
Teni Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISKYAT, 03. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/423559/mod_resource/content/2/Bahan bacaan.pdf
Ulenikov, O. N., Bürger, H., Jerzembeck, W., Onopenko, G. A., Zhabina, E. A., & Yuhnik, Y. U. B. (2022). Investigating Attitude Of Hearing-Impairment Students Towards Learning Multiplication Among Lower Basic Students In A. A. Raji Special School Sokoto, Sokoto State, Nigeria. Journal of Molecular Spectroscopy, 204(2), 119–125..
Wibisono, Y. (2005). Metode Statistik. Gajah Mada University Press.