Pengaruh Penggunaan Aplikasi RL2DIKTI dalam Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam Melakukan Analisis Data Hasil Penelitian Skripsi

Penulis

  • Rasmuin Rasmuin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Azis Azis Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Iin Sri Umiyati Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v9i2.1438

Kata Kunci:

aplikasi RL2DIKTI, kemampuan analisis data

Abstrak

Tujuan Penelitian untuk mengetahui bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi RL2DIKTI dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam melakukan analisis data hasil penelitian skripsi..Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan model  penelitian pre test dan post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa program Studi Pendidikan Matematika semester 6 yang berjumlah 36 orang yang terdiri dari dua kelas. Karena jumlah populasi kurang dari 100% maka Sampel pada penelitian ini sama dengan jumlah populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Instrumen penelitian yang berupa tes, dengan teknik analisis data menggunakan uji Beda Rerata. Berdasarkan Hasil penelitian diketahui kemampuan mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam melakukan analisis data hasil penelitian dalam hal ini nilai rata-rata yang telah mereka dapatkan sebelum dan sesudah diberi perlakuan berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji beda rerata menggunakan aplikasi RL2DIKTI  diperoleh nilai sig. Sebesar 0,002 untuk nilai taraf signifikan 0,05 (5%). Dengan demikian nilai signifikan 0,002 < 0,05 maka H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada aplikasi RL2DIKTI dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa program studi pendidikan dalam melakukan analisis data hasil penelitian skripsi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azis, &. N (2016). Analisis kemampuan Pemahaman Konsep Pendidikan Matematika Fkip Unidayan. HTTP;// repository.ump.ac.id/90/4/ALI MUTOHAR BAB II. pdf,5-14.

A. Hidayat, P. Sadewa, (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Eviews Terhadap Sikap Belajar Dari Pemecahan Masalah Statistik.

Azis. A ; Sardin. S (2016). Pengaruh Motivasi Sikap, Minat, dan Gaya Belajar Statistik Mahasiswa Terhadap Kemampuan menganalisis Persoalan penelitian. Journal Akademik Pendidikan Matematika, 2(2), 200-208. https;//doi.org/10.31219/osf.io/2xkwu

Basuki, A. T, (2014) Penggunaan SPSS dalam statistik. 1-104

Burhan, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. jakarta: kencana permada media Group.

Bakri Hendrik, (2022) Pengenbangan Aplikasi Analisis Uji Analisis Anona ( Analysis Of Varian) Berbasis Micrososft Excell Sebagai alat Bantu penelitian.

Gerald, B. (2018). A Brief Review of Independent, Dependent and One Sample ttest. International Journal of Applied Mathematics and Theoretical Physics, 4(2), 50. https://doi.org/10.11648/j.ijamtp.20180402.13

Kurniawan, W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). (9) REVIEW BUKU “METODE PENELITIAN KUANTITATIF” Karya Agung Widhi Kurniawan dan Zarah Puspitaningtyas tahun 2016 | Hudi Wahyudi - Academia.edu.

Kumar, S., & Chong, I. (2018). Correlation Analysis to Identify the Effective Data in Machine Learning: Prediction of Depressive Disorder and Emotion States. International Journal of Environmental Research and Public Health 2018, Vol. 15, Page 2907, 15(12), 2907. https://doi.org/10.3390/IJERPH15122907

Lynda Nadia, ( 2022). Pengembangan Aplikasi Analisis Uji Beda Rerata Berbasis Microsoft Excell Sebagai Alat Bantu Penelitia.

Moleong, L.J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya.

R. Pratama, Y . Kusumsh, D. Darhim, ( 2016). Keteranpilan Mahasiswa dalam Melakukan Penelitian pendidikan Matematika melalui Pembelajaran Berbasis Riset. Journal Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1) 1. https;//soi.org/10.20414/Betajtm.v9i1.8

Rizki Suhendra Putra, d.(2017). Pengaruh penggunaan media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa.https://journal.unnes ac.id/nju/indeks.php/JIPK/article/view/10628.pdf, 2009-2018.

Safitri, D. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Android Berbantuan Appsgeyser.com Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Disekolah Dasar Negeri 74 Kota Bengkulu. https:// repository.iain bengkulu.ac.id/6300/1/SKRIPSI%20DELA%20Safitri.pdf.INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI BENGKULU(IAIN),Bengkulu.

Sudjana, N. (2005)Penliaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja rosdakarya.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Rasmuin, R., Azis, A., & Umiyati, I. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi RL2DIKTI dalam Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam Melakukan Analisis Data Hasil Penelitian Skripsi. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 9(2), 114-118. https://doi.org/10.55340/japm.v9i2.1438

Terbitan

Bagian

Articles