Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa dengan Menggunakan Newman’s Error

Penulis

  • Dian Lestari Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Muhammad Rahman Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Nursalam Nursalam Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v10i1.1523

Kata Kunci:

kemampuan berpikir aljabar, teori kesalahan newman

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan berpikir aljabar siswa kelas VII SMP Negeri 11 Buton; dan (2) untuk menganalisis kesalahan-kesalahan siswa kelas VII SMP Negeri 11 Buton dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir aljabar menurut teori Newman’s Error.. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII.A SMP Negeri 11 Buton. Instrumen penelitian ini adalah tes diagnostik dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes diagnostik dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) rata-rata kemampuan berpikir aljabar siswa berada pada kategori sedang dan rendah. Hal ini terlihat dari data yang diperoleh bahwa hanya terdapat 2 siswa (7%) termasuk kategori kemampuan tinggi dengan nilai rata-rata 87,50, 18 siswa (64%) termasuk kategori kemampuan sedang dengan nilai rata-rata 65,89, dan 8 siswa (29%) termasuk kategori kemampuan rendah dengan nilai rata-rata 39,38; b) Kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh siswa pada indikator Newman’s Error yaitu pada tahap encoding, dengan rata-rata sebesar 46% pada setiap indikator. Hal ini menunjukkan bahwa siswa belum mampu mencapai tahap penulisan jawaban secara tepat. Sedangkan persentase kesalahan terendah yang dilakukan oleh siswa pada indikator Newman’s Error yaitu pada tahap reading, dengan rata-rata sebesar 18% pada setiap indikator.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amalliyah, N., Wardono, W., & Mulyono, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Visual Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(1), 1–12.

Andriani, P. (2015). Penalaran Aljabar dalam Pembelajaran Matematika. Beta-Scandinavian Journal of Business Research, 8(1), 1–13.

Faranita, S., Kadir, & Sudia, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Impulsif – Reflektif Ditinjau dari Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 3(1), 49–60.

Farida, I., & Hakim, L. D. (2021). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP pada Materi Sistem persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pembelajaran matematika Inovatif, 4(5), 1123–1136.

Maulana, M. (2017). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. UPI Sumedang Press.

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Pedagogia, 4(1), 23–33.

Nggaba, E. M. (2020). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Kearifan Lokal. Satya Widya, 36(2), 97–104.

Nurcholifah, S., Purwoko, R. Y., & Kurniawan, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Open-Ended. Jurnal Maju, 7(2), 44–52.

Pratiwi, V., Nurketi, N., & Putri, F. C. (2020). Pengembangan Motion Comic Berbasis Kearifan Lokal dalam Berpikir Aljabar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(1), 23–32.

Sari, A. R., & Untarti, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Resiliensi Matematis. Mandalika Mathematics and Education Journal, 3(1), 30–39.

Sukmawati, A. (2015). Berpikir Aljabar dalam Menyelesaikan Masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 89–95.

Utami, R. E., Ekawati, C., & Handayanto, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Aljabar dalam Memecahkn Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 13–24.

White, A. L. 2010. Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis.Sydney: University of Wastern Sydney.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-23

Cara Mengutip

Lestari, D., Rahman, M., & Nursalam, N. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa dengan Menggunakan Newman’s Error. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 10(1), 37-42. https://doi.org/10.55340/japm.v10i1.1523

Terbitan

Bagian

Articles