Pengaruh Penggunaan Aplikasi AnNASH21 dalam Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam Menyiapkan Prosedur Evaluasi Pembelajaran Sampai Nilai Akhir
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v10i1.1524Kata Kunci:
aplikasi AnNASH21, kemampuan mahasiswa, prosedur evaluasi pembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi AnNASH21 dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa program studi pendidikan Matematika dalam menyiapkan prosedur evaluasi pembelajaran sampai nilai akhir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa semester 6 program studi pendidikan Matematika dan segaligus menjadi sampel dalam penelitian ini dengan jumlah 38 mahasiswa . Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dilakukan dengan memberikan instrumen lembar observasi awal dan observasi akhir yang dilakukan peneliti terhadap sampel, data yang diperoleh dianalisis dengan analisis korelasi dan uji beda rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi AnNASH21 memiliki hubungan dan pengaruh terhadap kemampuan mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam menyiapkan prosedur evaluasi pembelajaran sampai nilai akhir. Hal ini dapat dilihat dari nilai korelasi sebesar 0,982 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 12,653 dengan sig. (2-tailed) sebesar 0,000, nilai t_tabel sebesar 2,026, dan nilai rerata selisih sebesar -20,079. Karena nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka ditolak dan diterima.
Unduhan
Referensi
Amalia, R., & Kumoro, A. C. (2016). Analisis sifat fisikokimia dan uji korelasi regresi antara nilai derajat substitusi dengan swelling power dan solubility pada tepung gadung (Dioscorea hispida Dennst) terasetilasi. Jurnal Inovasi Teknik Kimia, 1, 17–26.
Arikunto., S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azis, A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Kapontori. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 81–97. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.7567
Azis, A., & Nurlita, M. (2021). Assignment Methods Accompanied by Feedback on Students’ Mathematics Learning Outcomes in Solving Integer Operation Problems. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.471
Fitria, W. A., & Nurlita, M. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Melalui Diaring SMP Negeri 18 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.271
Hidayat, A. R. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Siswa SMK Yayasan Islam Tasikmalaya. 4(2), 163–173.
Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam proses pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935.
MA, H. W. (2019). PENGARUH BIMBINGANKELOMPOK TERHADAP PERKEMBANGAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA DI SMKS-PP SWASTA PUTRA JAYA STABAT KABUPATEN LANGKAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Serunai Bimbingan Dan Konseling, 8(1). https://doi.org/10.37755/jsbk.v8i1.117
Nuryadi, D. (2017). Dasar-Dasar Statstk Penelitan. Sibuku Media.
Putra, A. L., Kasdi, A., & Subroto, W. T. (2019). Pengaruh Media Google Earth Terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Keaktifan Siswa Kelas IV Tema Indahnya Negeriku di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3), 1034–1042.
Rohmah, C. O. (2017). Pengaruh Penggunaan Gadget Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
SA’DAK, H. A. M. I. D. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Gerak Pencak Silat Kategori Tunggal. Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO.