Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Masalah Perkalian Bersusun pada Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Silnawati Silnawati Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Anwar Anwar Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • La Eru Ugi Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v10i1.1525

Kata Kunci:

video pembelajaran, pembelajaran berbasis teknologi, perkalian bersusun

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran berbasis teknologi terhadap masalah perkalian bersusun pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment). Populasi penelitian ini adalah sekaligus sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 1 Waha Wangi-Wangi yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Waha Wangi-Wangi yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pemberian tes uraian (essay) di awal dan diakhir pembelajaran pada setiap kelas sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis Uji Prasyarat (Uji Normalitas dan Uji Homogenitas) dan Uji Hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah analisis uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi secara normal dan homogen, selanjutnya pengujian hipotesis di estimasi dengan uji hipotesis (independent sample T-test) dengan equal variances assumed. Nilai signifikansi diperoleh 0,000 dari thitung = 8,763 > ttabel = 2,064. Karena nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05; maka H0 ditolak dan H1 diterima berdasarkan kriteria penerimaan hipotesis. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata sehingga penggunaan media video pembelajaran berbasis teknologi efektif secara signifikan dalam penyelesaian masalah perkalian bersusun pada siswa sekolah dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdurahman, Mulyono. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Citra.

Arisandi, Elisa. (2014). “Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian Untuk Anak Diskalkulia Melalui Metode Garismatika.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus 3(3):478–88.

Armin, Rismayani, dan A. Iriana. (2022). “Analisis Kesalahan Dalam Pengoperasian Perkalian Bersusun Di Kelas IV SD Negeri 2 Baubau Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa.” Jurnal Akademik Pendidikan Matematika 4(2):156–61.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azis, A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Kapontori. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 81–97. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.7567

Azis, A., & Ali, S. (2019). Pengaruh Jam Belajar Pada Mata pelajaran Matematika terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batauga. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 94–101. https://doi.org/10.31219/osf.io/pfu6j

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.

Prayitno, D. (2010). Paham Analisa Data Statistik dengan SPSS. Media Kom.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfa Beta.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dharma, I. Made, Suarjana, dan Suartama. (2016). “Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2015/2016 Di SD Negeri 1 Banjar Bali.” E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Elihami, Elihami, dan Andi Saharuddin. (2018). “Peran Teknologi Pembelajaran Islam Dalam Organisasi Belajar.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 1(1):1–8. doi: 10.33487/edumaspul.v1i1.34.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hadi, Sofyan. (2017). “Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (2022) 1:5–8.

Hasan, Muhammad, Milawati, Darodjat, Harahap Tuti Khairani, dan Tasdin Tahrim. (2021). Media Pembelajaran.

Hasiru, Dewasni, Syamsu Qamar Badu, dan Hamzah B. Uno. (2021). “Media-Media Pembelajaran Efektif Dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh.” Jambura Journal of Mathematics Education 2(2):59–69. doi: 10.34312/jmathedu.v2i2.10587.

Muhibatul Milah, Amelia, Wati Susilawati, T. A. Tutut Widiastuti, dan Riva Lesta Ariany. (2022). “Mathematics Education on Research Publication (MERP I).” Gunung Djati Conference S Eries 12:73–79.

Prayitno, D. (2010). Paham Analisa Data Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Media Kom.

Putrawangsa, Susilahudin, dan Uswatun Hasanah. (2018). “Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0.” Jurnal Tatsqif 16(1):42–54. doi: 10.20414/jtq.v16i1.203.

Rahmatia, Rahmatia, Artati Iriana, dan Wa Sarido. (2020). “Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Baubau.” Jurnal Akademik Pendidikan Matematika 5(November):90–93. doi: 10.55340/japm.v5i2.178.

Riyanto, Yatim. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Medua Grup.

Rostina, Sundayana. 2014. Media dan Alat Peraga. Bandung: Alfabeta.

Sabri dan Ahmad. (2010). Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Ciputat: Quantum Teaching.

Sadiman, Arief S. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Sari, Melania Kartika, Noor Miyono, Endang Wuryandini, dan Tin Siana Dayu Murti. (2023). “Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian Bersusun Siswa Kelas IV SD Negeri Sampangan 02 Kota Semarang.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(7):4914–19. doi: 10.54371/jiip.v6i7.2369.

Sihombing, Jesika Merdisinta, Syahrial Syahrial, dan Usy Sarah Manurung. (2023). “Kesulitan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dan Pembagian Di Sekolah Dasar.” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar 7(3):1003–16. doi: 10.26811/didaktika.v7i3.1177.

Soedjadi, R. (1994). Evaluasi Hasil Belajar dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan. IKIP Surabaya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman. (2008). “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Hitung Bilangan Pecahan Dalam Bentuk Geometri Pada Siswa Kelas V.A Sd Negeri 7 Baubau.” Universitas Dayanu Ikhsanuddin.

Yudianto, Arif. (2017). “Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran.” Seminar Nasional Pendidikan 2017 234–37.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Silnawati, S., Anwar, A., & Ugi, L. E. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Masalah Perkalian Bersusun pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 10(1), 43-49. https://doi.org/10.55340/japm.v10i1.1525

Terbitan

Bagian

Articles