Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMK Swasta Kesehatan Baubau

Penulis

  • Rismayani Armin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • L.M. Yogi Prasetyawan Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v10i1.1545

Kata Kunci:

pendekatan matematika realistik, pemahaman siswa

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan rumusan masalah adalah apakah penerapan pendekatan matematika realisitik dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas X SMK Swasta Kesehatan Baubau?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan pemahaman matematis siswa kelas X SMK Swasta Kesehatan Baubau dengan melalui penerapan realistik. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X SMK Kesehatan Baubau dengan jumlah siswa 23 orang. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi dan tes tiap siklus untuk melihat peningkatan pemahaman matematika siswa setelah menerapkan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Berdasarkan hasil analisis data prestasi belajar siswa di peroleh rata-rata nilai prestasi belajar siswa pada tes awal, tes siklusI dan tes siklus II berturut-turut sebesar 23,70; 54,78 dan 75,65. Sementara untuk persentase ketuntasan kalsikal dari hasil tes awal, tes siklus I dan tes siklus II berturut-turut adalah 17,39%; 56,52% dan 100%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman siswa dalam pembelajaran dimensi tiga melalui penerapan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas X SMK Kesehatan Baubau semester ganjil tahun pelajran 2016/2017. Berdasarkan kesimpulan penelitian,maka disarankan: (1) Penerapan model pembelajaran inkuirimembutuhkan manajemen waktu dan pengelolaan kelas yang baik, sehingga diperlukan perencanaan kegiatan pembelajaran agar penggunaan waktu lebih efektif. (2) Padap embelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajran inkuiri hendaknya diberikan persoalan-persoalan yang lebih variatif yang memungkinkan siswa dapat meningkatkan pemahaman matematikanya. (3) Sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, dan bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian yang sejenis secara lebih mendalam dengan subyek dan materi yang berbeda.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Ariyadi Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Hamid Darmadi. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Hamalik Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara

Sudjana, Nana. 2010. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sumiati dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung. CV Wacana Prima

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Armin, R., & Prasetyawan, L. Y. (2024). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMK Swasta Kesehatan Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 10(1), 50-55. https://doi.org/10.55340/japm.v10i1.1545

Terbitan

Bagian

Articles