Studi Literatur: Penggunaan Software Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa

Penulis

  • Tiur Malasari Siregar Universitas Negeri Medan
  • Risya Indah Syakira Universitas Negeri Medan
  • Rini Meilani Saragih Universitas Negeri Medan
  • Rizki Aulia Rahma Siregar Universitas Negeri Medan
  • Ingrid Simangunsong Universitas Negeri Medan
  • Miranda Br Purba Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v10i2.1659

Kata Kunci:

pemahaman matematis, studi literatur, aplikasi geogebra

Abstrak

Penelitian ini penting dilakukan untuk mengeksplorasi potensi GeoGebra sebagai alat bantu inovatif dalam pembelajaran matematika. Di tengah kemajuan teknologi yang pesat, GeoGebra diharapkan dapat menjadi solusi efektif untuk membantu siswa memahami konsep-konsep matematika yang kompleks. Dengan menggunakan pendekatan studi literatur, penelitian ini mengumpulkan data dari berbagai sumber yang relevan mengenai penerapan GeoGebra dalam pendidikan matematika. Berdasarkan hasil penelitian yang dikaji, penggunaan GeoGebra secara signifikan berkontribusi pada peningkatan kemampuan siswa dalam memahami konsep abstrak, terutama pada materi geometri. Namun, terdapat kendala dalam implementasinya, seperti keterbatasan infrastruktur teknologi di sekolah dan kurangnya pelatihan untuk guru. Dengan peningkatan akses teknologi dan pelatihan guru, GeoGebra dapat dioptimalkan sebagai media pembelajaran yang efektif dalam pendidikan matematika.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. 2(3), 449–460.

Deviana. (2023). Penerapan STEM Berbantuan Media Pembelajaran Geogebra terhadap Motivasi Belajar Siswa. 5(1), 663–670.

Faradisa, M., Z, M. S., & Ayu, Y. A. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Matematika Materi Poligon dan Sudut Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Siswa. 1(2), 166–172.

Hasratuddin. 2008. Permasalahan Pembelajaran Matematika Sekolah dan Alternatif Pemcahannya. 4(1), 67-73.

Maf’ulah, S., Wulandari, S., Jauhariyah, L., & Ngateno. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Media Software GeoGebra Materi Dimensi Tiga. 10(3), 449–460.

Nurhikmah, Adiansha, A. A., Mariamah, & Syarifuddin. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran menggunakan Aplikasi Geogebra pada Materi Banguan Ruang terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. 3(2), 99–106.

Rangkuti, R. K., Suprihatiningsih, S., Rahayu, S., & Razy, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. 5(1), 29–44.

Reza, W., Jabnabillah, F., & Sabarinsyah. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi GeoGebra sebagai Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Matematika. 12(1), 219–225.

Roswahyuliani, L., Rosyana, T., Setiawan, W., & Kadarisma, G. (2022). Penerapan Media Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis SMA. 5(3), 771–778. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.771-778

Simbolon, A. K. (2020). Penggunaan Software Geogebra dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa pada Pembelajaran Geometri di SMPN2 Tanjung Morawa. 4(2), 1106–1114.

Tarigan, A. I., Idayani, D., Anastassia, S. A. K., Sumartono, Herlinawati, E., & Siregar, H. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Matematika dan Siswa SMA dengan Pemanfaatan Software GeoGebra. 3(1), 149–160.

Yanti, R., Laswadi, Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. 10(2), 180–194.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-01

Cara Mengutip

Siregar, T. M., Syakira, R. I., Saragih, R. M., Siregar, R. A. R., Simangunsong, I., & Purba, M. B. (2024). Studi Literatur: Penggunaan Software Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 10(2), 62-67. https://doi.org/10.55340/japm.v10i2.1659

Terbitan

Bagian

Articles