Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Matematika Terhadap Prestasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v10i2.1660Kata Kunci:
keterampilan mengajar, guru matematika, prestasi siswaAbstrak
Menjadi seorang guru bukan hanya harus menguasai materi pelajaran yang akan disampaikan saja, tetapi lebih dari itu. Guru harus memiliki keterampilan yang cukup banyak untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif dan berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif antara keterampilan mengajar guru matematika terhadap prestasi siswa SMK Negeri 2 Baubau kelas XI Jurusan Sepeda Motor. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 2 Baubau kelas XI Jurusan Sepeda Motor yang berjumlah satu kelas yang terdiri dari 20 orang siswa. Sedangkan teknik penarikan sampel menggunakan sampling jenuh. Instrumen keterampilan mengajar guru yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan instrumen prestasi dalam penelitian ini adalah hasil nilai ulangan harian siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh persamaan regresi Y = 26,302 + 0,450X. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif antara keterampilan mengajar guru matematika terhadap prestasi siswa SMK Negeri 2 Baubau kelas XI Jurusan Sepeda Motor.
Unduhan
Referensi
Allen, M.J & Yen, W. . (1979). Introduction to Measurement Theory. Cole Publishing Company.
Ambar, I., Susantiningrum, & Sutaryadi. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Siswa Dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1).
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Azis, A. (2016). Analisis Tes Buatan Guru Bidang Studi Matematika Kelas V SD 1 Katobengke. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 15–24. https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2998
Azis, A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Kapontori. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 81–97. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.7567
Azis, A., & Herianto, A. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.396
Azis, A., & Rikfan, R. (2022). Pengaruh Respon Siswa dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 13. https://doi.org/10.32665/james.v5i1.29
Indriastuti, A., Sutaryadi, & Susantiningrum. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Siswa dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1).
Kamilah, E. N. (2015). Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi Universitas. In Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi Universitas.
Mustiko, A. B., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru, Kesiapan Belajar Dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Office Administration : Education and Practice, 1(1). https://doi.org/10.26740/joaep.v1n1.p42-52
Riduwan. (2004). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. In Bandung : Alfabeta. Alfabeta.
Safitri, E., & Sontani, U. T. (2016). Keterampilan Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1). https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3258
Sugiono, A. (2001). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif. Kualitatif Dan R&D.
Wahyuni, L. (2015). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Dengan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 11 Tahun Ke IV.