Pengaruh Penerapan Permainan Ular Tangga Pada Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 2 Batuatas
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v10i2.1661Kata Kunci:
penerapan, permainan ular tangga, model pembelajaran matematika realistik (PMR), hasil belajar matematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan ular tangga pada Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Batuatas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Keseluruhan siswa kelas VII SMP N 2 Batuatas dengan jumlah kelas paralel sebanyak 2 kelas dan sampel yang dapat diambil pada penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII 1 dan kelas VII 2 dengan jumlah 48 siswa. Instrument tes digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data penelitian. Uji independent Sampel T-Test digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian. Kesimpulan data hasil Uji independent Sampel T-Test diperoleh nilai = 4,292, nilai ini lebih besar dari =2,013. Sehingga nilai maka Ho ditolak. Selain itu, taraf signifikansi hasil analisis sebesar 0,000 < = 0,05. jadi, kesimpulan yang diperoleh pada rumasan masalah adalah ada pengaruh yang signifikan penerapan permainan ular tangga pada Model Pembelajaran Matematika Realistik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batuatas.
Unduhan
Referensi
Afifah, D. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X3 Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MAN 2 Situbondo. Jurnal: Universitas Islam Negeri. Tersedia online di. http://digilib.uinkhas.ac.id/22186/
Amelia, Rosmala & Isro K’atun. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara
Angraeni, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas SMP Negeri 5 Baubau. Skripsi : Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
April, & dkk. (2021). Model Pembelajaran Inovatif Dan Soal Berbasis AKM Jenjang SMA. Yogyakarta: PT Kanisius
Astari, Tri. (2023). Pengembangan LKS Matematika Realistik di Sekolah Dasar. Edupedia Publisher.
Devi, A. S. (2022). Pengaruh Penerapan Media Permainan Sirkuit Pintar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD Negeri Topa. Skrpsi : Universitas Dayanu Ikhsanuddin
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dwiyanti, Rizky. (2019). Pengaruh Pendekatan Scientific Dengan Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wolowa. Skripsi: Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Eko. P. W. (2014). Penelitian Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Erma. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Materi Bilangan Pecahan Di Kelas VII SMPN 005 Siak Hulu. Skripsi. Tersedia online di https://repository.uir.ac.id/
Febrian to, D. S, & dkk. (2023). Model-Model Pembelajaran PPKN: Membangun Generasi Berkarakter. Semarang Jawa Tengah: Cahya Ghani Recovery.
Hamalik & Oemar. (2005). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasanah, & dkk. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD Melalui Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Ular Tangga. Jurnal: Universitas Muria Kudus.
Hasniati, Jais, E., & Herlawan. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tomia. Jurnal : Universitas Dayanu Ikhsanuddin. https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/268
Husamah. & dkk. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Listiawati, Rina. (2017). Pengaruh Permainan Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas Vlll Di SMP Negeri 18 Jakarta. Skripsi: Universitas Negeri Jakarta.
Martiman S. Sarumaha & dkk. (2023). Model-Model Pembelajaran. Jawa Barat: Jejak, Anggota IKAPI.
Musdalipa. Rajak, Firda & Alam, jaya, A. (2022). Buku Panduan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Ular Tangga. Sumatra Barat: Mitra Cendekia Media.
Octavia, S. A. (2020) . Model-Model Pembelajaran.Yogyakarta: Deepublish
Ode, Wa, A. N. S. (2018). Perbandingan Metode Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Dan Take And Give Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Vll SMP Negeri 2 Baubau. Skripsi: Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Rahma, S. (2023). Media Ular Tangga Meningkatkan Kemahiran Membaca Bahasa Arab Sederhana. Lompok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Rahmat, Johar & dkk. (2021). Membangun Kelas Yang Demokratis Melalui Pendidikan Matematika Realistik. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Rasmuin, (2023). Aplikasi Beda Rerata.
APLIKASI UJI BEDA RERATA 2024.xlsx
Rosma. (2019). Pengaruh Pendekatan Scientific Berbasis Realistik Matematika Education (RME) Terhadap Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas Vll Smp Negeri 11 Bau Bau. Skripsi: Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_LKS_Matematika_Realistik_di/ly
Simanjuntak, S. D. (2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Mengembangkan Kontek Budaya Batak Toba. Surabaya: Jakad Publishing.
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D, Bandung: ALFABETA, CV.
……..., (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta
Wahyuni, E. S (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Yusuf, Wibisono (2005). Matematika Statistik. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.