Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau

Penulis

  • Elsa Charisima Putri Ariesnita Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • La Eru Ugi Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Anwar Anwar Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Herlawan Herlawan Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v10i2.1664

Kata Kunci:

Penggunaan Aplikasi Quizizz, Minat Belajar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional, dimana populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau dengan jumlah 327 siswa yang tersebar dalam 11 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 58 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket tentang penggunaan aplikasi Quizizz dan minat belajar siswa. Data ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu ada pengaruh yang signifikan penggunaan aplikasi Quizizz terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggraini, H. I., Nurhayati, N., & Kusumaningrum, S. R. (2021). Penerapan Media pembelajaran Game Matematika Berbasis Hots dengan Metode Digital Game Based Learning (DGBL) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1885–1896. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i11.356.

Amornchewin, R. (2018). The development of SQL language skill in data definition and data manipulation languages using exercises with quizizz for students‟ learning engagement. Indonesian Journal of Informatics Education, Volume 2 No. 2, 85-90.

Amsul, K. M., Irmayanti, I., Fitriani, F., & P, S. (2022). Efektifitas Penggunaan Media pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Dan Hasil belajar Matematika siswa Tempat menimba ilmu XI IPA MAN 2 Sinjai. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.47435/jtmt.v3i1.973.

Ardiansyah, M. (2022). Efektivitas Penggunaan Platform Quizizz dalam Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3), 417–423. https://doi.org/10.30998/sap.v6i3.9892.

Ariyanti, H. P. P. dan L. (2020). Sekolah dalam Jaringan. In Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Daryanto, D. (2010). belajar dan Mengajar. CV. Yrama Widya.

Dewi, C. K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada pembelajaran Matematika tempat menimba ilmu X. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Fauziyyah. (2019). Pengembangan Media Quizizz dalam pembelajaran PKN. lim, 1–25.

Fauziyyah, U. (2019). Pengaruh media quizizz terhadap motivasi belajar anak didil dalam pembelajaran pkn. Bandung: FKIP UNPAS.

Fitriani. (2020). Jurnal Tadris Matematika. JTMT: Journal Tadris Matematika: Journal Tadris Matematika, 01(01), 14–19. https://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/Jtm/article/view/393/307

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Telaah Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, S. (2019). pembelajaran Speaking Tipe STAD yang Interaktif Fun Game Berbasis Karakter. Uwais Inspirasi Indonesia.

Husna K, (2021). Pengaruh Penggunaan Media pembelajaran Quizizz terhadap Minat belajar siswa Tempat menimba ilmu XI pada Bahan ajar Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Pekanbaru. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Irmayanti, I., & Danial, D. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Permainan Pada siswa Sekolah Dasar Di Sinjai Selatan. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 90. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a10.2019

lamsari purba, leony sanga. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.

Khalis, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Minat belajar siswa Dalam Bahan ajar TIK Tempat menimba ilmu IX di SMP Negeri 4 Pidie Jaya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darusalam Banda Aceh.

Kusumo, S. (2016). Hubungan Antara Minat belajar Dengan Hasil belajar siswa Tempat menimba ilmu IV SDN Se-Gugus Nyi Ageng Serang Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Manurung, S. H. (2015). Telaah Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ke Efektifan belajar Matematika siswa MTs Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 1–16.

Mawaddah K. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Minat dan Hasil belajar Matematika siswa Tempat menimba ilmu XI IPA MAN 2 Sinjai. Skripsi. Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Sinjai.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127.

Musrifa, (2021). Efektivitas pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Media Spada (Kombinasi Antara Google Classroom dan Aplikasi Zoom) Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika siswa SMP Negeri 3 Baubau. Skripsi. Universitas Dayanu Ikhsanuddin.

Nasution, K. (2016). Kepemimpinan Pengajar Dalam Meningkatkan Efektivitas pembelajaran PAI. Darul ‘Ilmi, 4(116-128).

Nizarwardi Jalinus, A. (2016). Media dan Sumber pembelajaran. In Cet. I; Jakarta: Kencana.

Nunu, M. dan. (2012). Media pembelajaran kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam, XXXVII.

Pasaribu, D. S. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil belajar Fisika siswa Dengan Menggunakan Model pembelajaran Talking Stick Pada Modul Listrik Dinamis Di Tempat menimba ilmu X Sman 10 Muaro Jambi. EduFisika, 2(Vol 2 No 01 (2017): EduFisika Volume 02 Nomor 01, Juni 2017), 61–69. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i01.4043

Rusman, R. (2013). Model-Model pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada.

Slameto. (2010). belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sobandi, S. N. dan A. (2016). Minat belajar Sebagai Determinan Hasil belajar siswa (Learning Interest As Determinant Student Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, I(1).

Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga dalam pembelajaran Matematika. ALFABETA.

Sungkono, (2008). Pemilihan dan Penggunaan Media dalam Proses pembelajaran. Majalah Ilmiah pembelajaran. No.1.Vol.4. Mei 2008.

S. Lestari, ―Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi,‖ Vol. 2, No. 2, 2018, [Online]. Available: Https://Ejournal.Unuja.Ac.Id/Index.Php/Edureligia.

Usu, N. (2018). Efektivitas Model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Penalaran Matematika siswa Tempat menimba ilmu VIII SMP Negeri 3 Pasarwajo. Skripsi. Universitas Dayanu Ikhsanuddin.

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran Landasan Dan Aplikasinya. Rineka Cipta.

Wibisono, Y. (2005). Metode Statistik. In Metode Statistik 1. Gajah Mada University PRESS.

Yan mei, S., Yan Ju, S., & Adam, Z. (2019). Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. European Journal of Social Science Education and Research, 5(1), 194–198. https://doi.org/10.2478/ejser-2018-0022.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-14

Cara Mengutip

Ariesnita, E. C. P., Ugi, L. E., Anwar, A., & Herlawan, H. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 10(2), 82-88. https://doi.org/10.55340/japm.v10i2.1664

Terbitan

Bagian

Articles