Pengaruh Program Kampus Mengajar Terhadap Upaya Persiapan Menjadi Guru Profesional Pada Mahasiswa FKIP Unidayan

Penulis

  • Sri Indah Widia R. Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Dian Lestari Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v10i2.1665

Kata Kunci:

kampus mengajar,guru profesional

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh program kampus mengajar terhadap upaya persiapan menjadi guru profesional pada mahasiswa FKIP Unidayan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Ex-post Facto, dimana populasi penelitian ini dibatasi pada peserta kampus mengajar angkatan VI dengan jumlah 33 mahasiswa. Dalam penelitian ini digunakan sampel peserta kampus mengajar angkatan VI dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unidayan dengan jumlah 27 mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa angket tentang program kampus mengajar dan upaya persiapan menjadi guru profesional. Data ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian  ini diperoleh kesimpulan yaitu ada pengaruh program kampus mengajar terhadap upaya persiapan menjadi guru profesional pada mahasiswa FKIP Unidayan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64-73.

Ghozali, I.(2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 19 edisi Kelima. Universitas Dipenogoro.

Hidayati, E. R. (2022). Komparasi Minat Belajar Siswa Pada Penggunaan Media Pembelajaran Web Wordwall Dan Paper Test Di MI Ma’arif Patihan Wetan (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Høgheim, Sigve, and Roger André Federici. (2022). “Interest in Teacher Education: Exploring the Relation between Student Teacher Interest and Ambitions in Teacher Education.” European Journal of Teacher Education 45(5).

Juvita (2021).Pengaruh Respon Siswa Dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX MtsN 1 Baubau. Skripsi. Universitas Dayanu Ikhsanuddin.

Kemendikbud. (2023). “Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 6 Tahun 2023".

Lubis, Rizkinah. (2022). “Pengaruh Program Kampus Mengajar Sebagai Upaya Dalam Persiapan Menjadi Guru Profesional Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fkip Umsu Stambuk 2018-2019.” Skripsi 2(8.5.2017): 2003–5.

Solaahuddin, I. (2022). Pengaruh Program Kampus Mengajar Berdasarkan Kesiapan Mahasiswa Dalam Meningkatkan Civic Engagement.

Munawir, Zuha Prisma Salsabila, and Nur Rohmatun Nisa’. (2022). “Tugas, Fungsi Dan Peran Guru Profesional.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(1).

Nur, hafsah M., and Nurul Fatonah. (2023). “Paradigma Kompetensi Guru.” Jurnal PGSD UNIGA 2(1).

Republik Indonesia. (2015). Undang-undang No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Slameto. (2012). “Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineke Cipta.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.https://adoc.pub/queue/slameto-belajar-dan-faktor-faktor-yang-mempengaruhinya-jakar.html.

Sukmadinata, Syaodih Nana. 1997. Pengembangan kurikulum teori dan praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tsani, I N, and T Sudarwanto. (2023). “Pengaruh Program Kampus Mengajar Dan Internal Locus of Control Terhadap Minat Menjadi Guru Bagi Mahasiswa S1 Jurusan.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN … 11(2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-14

Cara Mengutip

Widia R., S. I., & Lestari, D. (2024). Pengaruh Program Kampus Mengajar Terhadap Upaya Persiapan Menjadi Guru Profesional Pada Mahasiswa FKIP Unidayan. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 10(2), 89-95. https://doi.org/10.55340/japm.v10i2.1665

Terbitan

Bagian

Articles