Pengaruh Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v10i2.1670Kata Kunci:
Pemahaman Konsep Matematis, Kurikulum MerdekaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep matematis siswa pada kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Baubau. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 3 Baubau yang terdiri dari 195 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas VIII B dan VIII C dengan jumlah 58 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes soal diagnostik dalam bentuk esai, angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, dokumentasi, tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian diketahui bahwa pemahaman konsep matematis siswa pada kurikulum merdeka ketika menyelesaikan soal tes diagnostik terhadap hasil belajar siswa dalam hal ini nilai rapor yang telah didapatkan disemester ganjil berdasarkan hasil perhitungan menggunakan regresi linear sederhana diperoleh nilai sig. sebesar 0,00 untuk nilai taraf signifikan 0,05 (5%). Dengan demikian nilai signifikan 0,00 < 0,05 maka H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Baubau.
Unduhan
Referensi
Aledya, Vivi. 2019. “Pada Siswa.” Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa 2(May):0–7.
Andari, Eni. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS).” Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru 1(2):65–79. doi: 10.30762/allimna.v1i2.694.
Arsyik, Esya Syahirantik. 2023. “Pengaruh Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas x Sma Negeri 1 Baubau.”
Cholilah, Mulik, Anggi Gratia Putri Tatuwo, Komariah, and Shinta Prima Rosdiana. 2023. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21.” Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 1(02):56–67. doi: 10.58812/spp.v1i02.110.
Hidayati, Voni Nur, Fitri Rahma Dani, Merika Setia Wati, and Melli Yati Putri. 2022. “Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Motivasi Siswa Kelas X Di Sman 1 Payung Sekaki.” Jurnal Eduscience 9(3):707–16. doi: 10.36987/jes.v9i3.3443.
Iriana, Artati, Rismayani Armin, and Haidir Ali. 2023. “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Digital Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Baubau.” Jurnal Akademik Pendidikan Matematika 9:51–57. doi: 10.55340/japm.v9i1.1147.
Manalu, Juliati Boang, Pernando Sitohang, Netty Heriwati, and Henrika Turnip. 2022. “Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar.” Mahesa Centre Research 1(1):80–86. doi: 10.34007/ppd.v1i1.174.
Marisa, Mira. 2021. “Inovasi Kurikulum ‘Merdeka Belajar’ Di Era Society 5.0.” Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora) 5(1):72. doi: 10.36526/js.v3i2.e-ISSN.
Mawaddah, Siti, and Ratih Maryanti. 2016. “KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING (DISCOVERY LEARNING).” 4(April):76–85.
Nasution, Suri Wahyuni. 2021. “PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: Https://Journal.Mahesacenter.Org/Index.Php/Ppd/Index Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 1(1):135–42. doi: 10.34007/ppd.v1i1.181.
Nila, Kesumawati. 2008. “Pemahaman Konsep Matematik Dalam Pembelajaran Matematika.” Prosiding SeminarNasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta 229–35.
Panginan, Veronica Resty, and Susianti. 2022. “Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013.” Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro 1(1):9–16.
Radiusman, Radiusman. 2020. “Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 6(1):1. doi: 10.24853/fbc.6.1.1-8.
Sengkey, Dwi Jeanita, Pinta Deniyanti Sampoerno, and Abdul Aziz. 2023. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis : Sebuah Kajian Literatur.” 3:67–74.
Usa, Suwarni La. 2021. “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Dimensi Tiga Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 2 Baubau.” 7:204–9.
Zulkifli, La Ode Muhammad. n.d. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Tingkat Penguasaan Konsep Matematika Kelas XII SMA Negeri 3 Baubau.