Pengaruh Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 4 Baubau

Penulis

  • Rismayani Armin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Wa Ode Nur Halimatus Saadia Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Artati Iriana Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v10i2.1672

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar Matematika

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kurikulum merdeka terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI/F1.3 SMA Negeri 4 Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester genap SMA Negeri 4 Baubau yang terdiri dari 9 kelas.  Sampel penelitian ini yaitu kelasXI/F1.3 diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes diagnostik dalam bentuk essay. Hasil penelitian diketahui pengaruh kurikulum menggunakan Regresi linear Sederhana diperoleh nilai sig. Sebesar 0,000 untuk nilai taraf signifikansti 0,05 (5%). Dengan demikian nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI/F1.3 SMA Negeri 4 Baubau.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Damiati, M. dkk. (2024). Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Of Information System And Management, 3(2), 2807-5633. https://jisma.org

Dika Nurunnaja, Alfi Rahmawati Amanda Putri, Mareta Wahyu Nur Hanifah, Adly Ihsan, & Fitriyah Amaliyah. (2023). Pengaruh Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 di SD 1 Purwosari. Jurnal PGSD Musi, I(6), 2621-5829. https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jpgsdm/article/view/1101/1021

Esya Syarianti Arsyik,. Aziz., & Nurlita.M. (2023). Pengaruh Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Baubau. Skripsi. Universitas Dayanu Ikhsanuddin.

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

Harefa, D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Talking CHIPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Junal Pendidikan Biologi, 4(1), 83–99.

Hartoyo, A., & Rahmadayanti, D. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu

Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819

Ristyawati, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Pjbl Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika Materi Membandingkan Dan Mengurutkan Bilangan Cacah. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 343–351. https://doi.org/10.46306/lb.v4i1.255

Sagala, P.R.B & Hasibuan, L.R. (2023). Pengaruh Model pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1417-1427. https://doi.org/10.24127/ajpm.vI2il.7014

Septiani, A., Novaliyosi, & Nindiasari, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Pembelajaran Matematika dan Pelaksanaan P5 (Studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang). Aksioma:Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(3), 421–435.

Untu. H. dkk. (2023). Pengaruh Kurikulum merdeka Belajar terhadap hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Katolik Bunda Hati Kudus Woloan. Jurnal pendidikan Multidisipliner, 6(12), 2734-2488.

Veronica, R.P & Susianti. (2022). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal PGSd Universitas lamappapoleonro, 1(1), 2962-0902. https://jurnal.pgsd.unipol.ac.id/index.php/home

Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-24

Cara Mengutip

Armin, R., Saadia, W. O. N. H., & Iriana, A. (2024). Pengaruh Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 4 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 10(2), 117-121. https://doi.org/10.55340/japm.v10i2.1672

Terbitan

Bagian

Articles