Eksplorasi Etnomatematika Geometri pada Patung Garuda Wisnu Kencana di Bali
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v10i2.1674Kata Kunci:
etnomatematika, geometri, patung garuda wisnu kencanaAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penerapan konsep etnomatematika pada elemen geometris Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi untuk menganalisis hubungan antara unsur budaya lokal dan konsep matematika, seperti proporsi, simetri, dan pola berulang, yang diterapkan dalam desain patung monumental ini. Data diperoleh melalui studi pustaka, observasi langsung, dan dokumentasi, dengan peneliti berperan sebagai instrumen utama. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui proses transformasi data visual menjadi teks, pengelompokan data relevan, dan penafsiran hasil untuk menghasilkan deskripsi yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Patung GWK merupakan representasi luar biasa dari integrasi seni, budaya, dan matematika. Prinsip-prinsip geometris digunakan untuk mencapai desain yang estetis, fungsional, serta kaya simbolisme budaya Bali. Penelitian ini menegaskan bahwa etnomatematika dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam memahami dan mengapresiasi warisan budaya melalui perspektif matematika, sekaligus memberikan wawasan baru tentang bagaimana seni dan arsitektur dapat memperkuat makna budaya. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya pemahaman tentang hubungan antara budaya lokal dan matematika, serta memberikan dasar bagi pengembangan model pendidikan yang mengintegrasikan etnomatematika dengan seni dan arsitektur tradisional.
Unduhan
Referensi
Aprianti, S. N., Rusmana, I. M., & Setiadi, A. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Bale Bengong pada Rumah Tradisional Bali. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 455-464.
Cahyaningrat, Putu Wulan, et all. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Monumen Perjuangan Rakyat Bali. Journal on Education, Vol. 6 No.2, 12651.
Dari, S. W., & Jatmiko, J. (2024, February). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran (Vol. 3, No. 1, pp. 269-278).
Hill, K., & Gjerde, A. (2023). “ Architectural Geometry”. Wiley
Izah, S, J & Malasari, P, N. (2021). Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam Pembelajaran Geometri. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 44-58.
Juli, J., Pambudi, C. N. A., Saputri, M. W., Dewi, P. T., Sulityowati, F., & Dendy, D. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Perkalian dengan Patung Kasep Julang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12(4), 606-612.
Kou, D., & Deda, Y. N. (2020). Eksplorasi etnomatematika acara adat Thelas Keta pada masyarakat Noemuti. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-7.
Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan kemampuan berpikir kritis melalui budaya dan matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 35-41.
Mawaddah, S. (2018, March). Mengembangkan kemampuan berpikir logis dengan pendekatan etnomatematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (Vol. 1, No. 1, pp. 501-511).
Muhammad, Shela Jazilatul, et all. (2023). Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia (2017-2022). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 11 No.2, 267-279.
Putra, R. W. Y., & Indriani, P. (2017). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9-14.
Soebagyo, Joko, et all. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 4 No.2, 185.
Soni Sadono, M. T. (2023). BUDAYA NUSANTARA. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan, U. I. (2019). Pentingnya konsep dasar matematika pada kehidupan sehari-hari dalam masyarakat. Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan, 2(3), 1-10.
Widyastuti, Myta. (2021). Peran Kebudayaan dalam Dunia Pendidikan THE ROLE OF CULTURE IN THE WORLD OF EDICATION. Jurnal Kebhinekaan dan Wawasan Kebangsaan, Vol. 1 No.1, 58-59.