Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Baadia Kota Baubau

Penulis

  • Wa Nengsih Universitas Muhammadiyah Buton
  • Muhammad Yusnan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Safira Safira Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v11i1.1739

Kata Kunci:

hasil belajar, matematika, minat belajar

Abstrak

Permasalahan atau tujuan penelitian, pada penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar terhadap hasil belajar matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Baadia Kota Baubau. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 29 siswa, adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan Regresi Linear Sederhana melalui Sofware SPSS v20. Berdasarkan hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar, dan memiliki persamaan Regresi Y = 1,151 + 1,219X Sedangkan koefisien determinasi minat belajar terhadap hasil belajar sebesar 52,1%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikansi minat belajar terhadap hasil belajar matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Baadia Kota Baubau. Hal ini dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Baadia Kota Baubau.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A.M, Sardiman. 2021. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Abadi, Agung Prasetyo (2020). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal unsika Prosiding Sesiomadika, Volume 2. No.1.

Adinugraha, 2020. Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol.1

Aflahah dan Makki, M. Ismail 2019. Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. Jawa Timur: Duta Media Publishing.

Ahmad Syafi’i, T. M. (2018). Studi Tentang Hasil Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3.

Anwar, Faisal dkk (2022). Pengembangan Media Pembelajaran “Telaah Perspektif Pada Era Society 5.0”. Makassar: CV. Tohar Media.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Awaludin, Aulia A. (2021). Teori Dan Aplikasi Pembelajaran Matematika Di SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit. Muhammad Zaini.

Dalimunthe, Mohd. Idris (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar terhadap pemahaman akuntansi Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Di Universitas Medan Area. Jurnal Mutiara Akuntansi. Volume 5 No. 2.

Darman, R. (2020). Belajar dan Pembelajaran (R. Darman, ed.). Indonesia: Guepedia.

Hasrian. (2021). Menjadi Pendidik Profesional. Medan: Umsu Press.

Hurit, Roberta Uron. Dkk. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Media Sains Indonesia.

Islamiah, I. (2019). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal On Education. Volume 01, No. 02.

Khuluqo, Ihsana El & Istaryatiningtias. (2022). Modul Pembelajaran Manajemen Pengembangan Kurikulum. Palu: CV. Feniks Muda Sejahtera.

Lisniasari. (2021). Monograf pengaruh penerapan model pembelajaran think pair share terhadap minat belajar peserta didik yang beragama budha.

Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education Vol. 2, No. 1.

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 1 (2), 41–50.

Nuryanti Mursalina, Dkk. (2023). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 69–72.

Panggabean, S., dkk. (2022). Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. Penerbit Media Sains Indonesia, Bandung.

Polwati, Imelda. (2020). “Penggunaan metode Card Sort untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Barat.” Undergraduate thesis, IAIN Metro. 41-41.

Rosnawati, (2020). Teori – Teori Belajar dan Pembelajaran. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.

Rosyid, Moh. Zaiful, dkk. (2019). Hasil Belajar. Jawa Timur: Literasi Nusantara

Ruqoyyah, Siti. (2021). Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Sanusi, A & Sumaryoto. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, Vol. 3, No. 1.

Slameto. (2021). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiarto, Toto, (2020), E-Learning Berbasis Schoology Tingkatan Hasil Belajar Fisiska (Yogyakarta: CV. Mine).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatit Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syardiansyah. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II). Jurnal Manajemen dan Keuangan. Volume 2.

Tulus Tu’u. (2019). Peran Disiplin pada Perilaku dan Hasil Siswa. Penerbit: Grasindo.

Wulandari, S. S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran, Fasilitas dan Lingkungan belajar Terhadap Hasil Belajar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 19-29.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-05-01

Cara Mengutip

Nengsih, W., Yusnan, M., & Safira, S. (2025). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Baadia Kota Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 11(1), 1-7. https://doi.org/10.55340/japm.v11i1.1739

Terbitan

Bagian

Articles