Efektivitas Penggunaan Strategi Means-Ends Analisis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v11i1.1773Kata Kunci:
strategi pembelejaran, means-ends analysis, kemampuan pemecahan masalahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Means-Ends Analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dibandingkan dengan penggunaan strategi pemecahan masalah versi Polya dan untuk mengetahui perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi Means-Ends Analysis dan menggunakan strategi pembelajaran versi Polya?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII di SMPN Satap Palea. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan instrument berupa soal post-test, angket respon siswa. Kesimpulan hasil penelitian adalah ada pengaruh respon siswa pada penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis berkategori sangat baik, hal ini ditunjukan oleh persentase sebesar 90%. Sedangkan pada penerapan model pembelajaran versi polya berkategori cukup, hal ini ditunjukan oleh persentase sebesar 73,33%. Ada perbedaan peningkatan kemampuan siswa yang menggunakan strategi Means-Ends Analysis lebih tinggi disbanding strategi pemecahan masalah versi polya.
Unduhan
Referensi
Azis, A. (2016). Analisis Tes Buatan Guru Bidang Studi Matematika Kelas V SD 1 Katobengke. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 15–24. https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2998
Azis, A., & Herianto, A. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.396
Becker, L. A. (2000). Effect size (ES).
Delima, N. (2011). Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Koneksi Matematis Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi: Studi Kuasi Eksperimen pada Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Suba. Universitas Pendidikan Indonesia.
Fitriani, A. D. (2009). Peningkatan kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp melalui model pembelajaran means-ends analysis (studi eksperimen pada siswa kelas VIII di salah satu SMP di kota Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia.
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores.
Hutagalung, J. B. (2009). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Universitas Pendidikan Indonesia.
Muin, A., & Permata, C. (2015). The Achievement of Mathematical Connection Skills Based on Cognitive Level Through Means Ends Analysis (Mea) Strategy of Learning.
Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar penelitian pendidikan dan bidang non-eksakta lainnya. Tarsito.
Santoso, A. (2010). Studi deskriptif effect size penelitian-penelitian di fakultas psikologi universitas sanata dharma. Jurnal Penelitian, 14(1).
Suherman, E. (2003). Evaluasi pembelajaran matematika. Bandung: Jica UPI.
Sundayana, R. (2014). Statistika penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.