Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiety) dan Gender Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 12 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v11i1.1819Kata Kunci:
kecemasan, kecemasan matematika, hasil belajar matematikaAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitan ini adalah apakah kecemasan matematika (math anxiety) dan gender berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 12 Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif atau ex post facto dengan metode korelasi regresi untuk melihat adanya hubungan dan pengaruh antara kecemasan matematika (math anxiety) dan gender dengan hasil belajar matematika siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Baubau, tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah 88 siswa. Pada penelitian ini metode yang digunakan dalam menentukan sampel penelitian yaitu metode purposive sampling, sehingga sampel penelitian ini adalah kelas VIII-C. Instrumen yang digunakan berupa angket tentang kecemasan matematika siswa serta hasil belajar matematika berupa dokumentasi data nilai ulangan semester siswa. Data ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini diperoleh Kesimpulan yaitu tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematika (math anxiety) dan gender secara simultan terhadap hasil belajar siswa. Namun, terdapat hubungan timbal balik antara (math anxiety) dan gender.
Unduhan
Referensi
Amir, Zubaidah. 2013. “Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika.” Marwah: Jurnal Perempuan, Agama, dan Jender 12(1): 14–31.
Anditya, Rifin. 2016. “FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECEMASAN MATEMATIKA.” Media Konservasi 2(1): 11–40. http://dx.doi.org/10.1016/j.ecoenv.2017.03.002%0Ahttp://www.forda-mof.org/files/Sistem_Agroforestri_di_Kawasan_Karst_Kabupaten_Gunungkudul_Untuk_Pengelolaan_Telaga_Sebagai_Sumber_Air_Berkelanjutan.pdf%0Ahttps://extension.msstate.edu/sites/default/files/pu.
Andriani, Rike, and Rasto Rasto. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(1): 80.
Anita, Ika Wahyu. 2014. “Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp.” Infinity Journal 3(1): 125.
Ardianto, Patuh. 2018. “Gejala Kecemasan Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha 9(2): 87–91. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/index.
Ashcraft, Mark H. 2002. Math Anxiety: Personal, Educational, and Cognitive Consequences, Artikel Ilmiah, Vol.11, No.5, Ohio: Department of Psychology.http://www.mccc.edu/~jenningh/Courses/documents/math_anxiety.pdf
Azis, A., & Sardin, S. (2016). Pengaruh Motivasi, Sikap, Minat, dan Gaya Belajar Statistik Mahasiswa Terhadap Kemampuan Menganalisis Persoalan Penelitian. J. Akad. Pendidik. Mat, 2(2), 200-208.
Diana, Putri, Indiana Marethi, and Aan Subhan Pamungkas. 2020. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 4(1): 24.
Nurmala (2022).Analisis Tingkat Kecemasan Matematika Siswa Ditinjau Dari Aspek Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Furner, Joseph M., and Mary Lou Duffy. 2002. “Equity for All Students in the New Millennium: Disabling Math Anxiety.” Intervention in School and Clinic 38(2): 67–74.
Irmayanti, Irmayanti, Nurul Islamiah, and Syarifuddin Syarifuddin. 2021. “Analisis Sosio Matematika Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sdn 224 Palae.” JTMT : Journal Tadris Matematika 1(2): 27–34.
Juvita (2021).Pengaruh Respon Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX MtsN 1 Baubau. Skripsi. Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Marzuki, Marzuki. 2007. “Kajian Tentang Teori-Teori Gender.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 4(2).
Noor, Fahriza. 2017. “Kecemasan Dan Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika.” Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 3(3): 169–77.
Casuarina (2016),Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh.Skripsi.Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh
Rahman, Sunarti. 2021. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” Merdeka Belajar (November): 289–302.
Sartika, N. (2019). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Islam Di Kota Palu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 52-62.
Satriani (2016). pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) dan gender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Saputra, Paulus Roy. 2014. “Kecemasan Matematika Dan Cara Menguranginya.” Pythagoras 3(2): 75–84.
Simamora, Tohol, Edi Harapan, and Nila Kesumawati. 2020. “Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa.” JMKP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) 5(2): 191.
Siregar & Restati. 2017. “Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game.” Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia: 224–32.
Siti Ashari Arbiah Harahap, and Vebi Radiatul Rahman. 2023. “Kecemasan Matematika Siswa Dalam Pembelajaran.” Griya Journal of Mathematics Education and Application 3(1): 135–40.
Tsaqila, Sarah et al. 2023. “Analisis Math Anxiety Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Datar Kelas 5 Siswa Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ: 2.
Wicaksono, Arief Budi, and M Saufi. 2013. “Mengelola Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.” Prosiding (November): 90–94.
Wijaya, Rahmat, Fahini Fashanu, and Ruslan Ruslan. 2019. “Pengaruh Kecemasan Matematika Dan Gender Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematika Siswa SMP Negeri 2 Kendari.” Jurnal Pendidikan Matematika 9(2): 173.
Wulandari, Marlina Retno, and Karunia Eka Lestari. 2022. “Analisis Dampak Kecemasan Matematis Siswa Terhadap Kemampuan Sintesis Matematika.” Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan 8(1): 74–83.
Yaldi, Effiyaldi et al. 2022. “Penerapan Uji Multikolinieritas Dalam Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia.” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE) 1(2): 94–102.
Yuliani, R. E., D. Suryadi, and J. A. Dahlan. 2019. “Analysis of Mathematics Anxiety of Junior High School Students.” Journal of Physics: Conference