Efektifitas Penerapan Strategi Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP Neger I3 Batauga

Penulis

  • Enawati Jais Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Wa Asmiati

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.182

Kata Kunci:

strategi pembelajaran, REACT, kemampuan berpikir kritis, matematika

Abstrak

Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi pembelajaran REACT dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis Matematika siswa SMP Negeri 3 Batauga. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan jenis desain pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batauga dengan jumlah 48 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas kontrol sebanyak 24 orang dan siswa kelas VIIa sebagai kelas eksperimen sebanyak 24 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar Matematika. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh nilai rata-rata peningkatan kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut sebesar 38,34 dan 23,75. Dengan menggunakan independent samples t-test diperoleh nilai t_hitung sebesar 4,698 >t_tabe1 (2,0120) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (5%) sehingga hipotesis penelitian diterima. Ini berarti kemampuan berpikir kritis Matematika siswa yang diajar dengan menerapkan strategi pembelajaran REACT lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis Matematika siswa yang diajar dengan pendekatan konvesional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran REACT efektif dalam meningatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMP Negeri 3 Batauga.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afrizon, R. (2012). Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTsN Model Padang Pada Mata Pelajaran IPA FISIKA Menggunakan Mode lProblem Based Instruction, Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol1, No 2. (online). http://ejournal.uncp.ac.id/index.php/jppf/article/view/598/517. Diakses pada17 Februari 2019.

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (1992). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Danfar. (2009). Definisi/PengertianEfektifitas. (online). http://dansite.wordpress.com/2009/03/28/pengertian-efektifitas/. Diakses pada27 Februari 2019.

Faizal, L. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Mean Ends Analysis (MEA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Batauga. Skripsi. Baubau: Universitas DayanuIkhsanuddin.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 Edisi Kelima. Semarang: Universitas Diponegoro.

Husnidar, dkk,. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatakan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa, Jurnal Didaktik Matematika, Vol1, No1. (online). http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/acticle/download/1340/1221. Diakses pada17 Februari 2019.

Janti, S. (2014). Analisis Validitas Dan Realibilitas Dngan Skala Likert Terhadap Pengembangan SI/TI Dalam Penentuan Pengamilan Keputusan Strategic Planning Pada Industri Garmen. Abstrak Hasil Penelitian Manajemen Informatika, AMIK BSIJAKARTA. Yogyakarta: Lembaga Penelitian.

Kurniati, R. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V MIN 1 Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI. (online). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/download/1070/904. Diakses pada 17 februari 2019.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Marthen, T. (2010). Pembelajaran Melalui Pendekatan REACT Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol11 No. 2: 11-20, h12. (online). http://jurnal.upi.edu/file/11-Tapilow_Mi.pdf. Diakses pada 16 Februari 2019.

Nurwadilah, S. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Faktorisasi Suku Aljabar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Baubau. Skripsi, tidak dipublikasikan. Baubau: Universitas Dayanu Ikhsanuddin.

Rahmaton. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Strategi REACT Pada Siswa Kelas VII Mtsn 6 ACEHBESAR. Skripsi. (online). https://respository.ar-raniry.ac.id/3176/2/Rahmaton.pdf. Diakses pada17 Februari 2019.

Suma, K. (2010). Efektifitas kegiatan laboratorium konstruktivis dalam meningkatkan penguasaan konsep-konsep arus searah mahasiswa calon guru. Skripsi. (online). http://undiksha.ac.id/image/img_item/661.doc. Diakses pada 27 Maret 2019.

Suparno, P. (2000). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Susanti, T. 2016. Bab 2 Kajian Teoritis. (online). http://respository.unpas.ac.id/13070/4/BAB%2011.pdf.Diakses pada 27 Februari 2019.

Syahbana, A. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP 2012, jurnal vol 4. (online). https://online-journal.inja.ac.id/edumatica/article/view/841. Diakses pada 16 Februari 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-09-10

Cara Mengutip

Jais, E., & Asmiati, W. (2020). Efektifitas Penerapan Strategi Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP Neger I3 Batauga. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 119-123. https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.182

Terbitan

Bagian

Articles