Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa di SMA Negeri 1 Batauga

Penulis

  • Wa Ode Devana Mulfi Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rasmuin Rasmuin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Dian Lestari Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v11i1.1820

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS), Pemahaman Konsep Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Batauga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Batauga Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 160 siswa/i yang terbagi dalam 5 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik cluster random sampling, dipilih satu kelas untuk kelas eksperimen dengan pembelajaran model Search Solve Create Share (SSCS) yaitu kelas X 3 dan satu kelas untuk kelas kontrol dengan pembelajaran model langsung yaitu kelas X 5. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket setelah proses pembelajaran dengan model SSCS dan pemberian tes uraian (essay) di awal dan diakhir pembelajaran pada setiap kelas sampel. Teknik analisis data menggunakan Analisis Deskriptif dan Analisis Inferensial (Uji Prasyarat (Uji Normalitas dan Uji Homogenitas) dan Uji Hipotesis (Independent Sample T-Test)).Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh gambaran hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SSCS terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 0,447. Ini berarti hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran SSCS lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 0,190. Hasil analisis Uji Normalitas dan Uji Homogenitas menunjukan data berdistribusi normal dan homogen, selanjutnya dilakukan pengujian Uji Hipotesis dimana hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi 0,001, ini kurang dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X di SMA Negeri 1 Batauga.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aledya, V. (2019). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA. May.

Anugraheni, I., & Artikel, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif Di Sekolah Dasar. 8(2).

Arsyik, E. S. (2023). Pengaruh kemampuan representasi matematis siswa dalam kurikulum merdeka terhadap hasil belajar matematika siswa kelas x sma negeri 1 baubau.

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. June. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Khaillasiwi, O., & Purwanto, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SSCS ( Search , Solve , Create , and Share ) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Negeri 45 Jakarta. 4, 44–50.

Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran SSCS. 05(01), 383–390.

Nila, K. (2008). Pemahaman konsep matematika dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, 229–235.

Nursadiah, S. (2013). Pengaruh model pembelajaran search, solve, create, and share (SSCS) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. 9–23.

Pancawani, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SDN 4 Natar Lampung Selatan.

Periartawan, E., Widiana, W., Pendidikan, J., Sekolah, G., & Ganesha, U. P. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSCS TERHADAP KELAS IV DI GUGUS XV KALIBUKBUK.

Rosdiana, E. (2021). Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika (PEMANTIK), 1(1), 13–22.

Rasmuin dkk, 2023, Aplikasi Analisis Data Penelitian Menggunakan Uji Beda Rerata (Statistik Parametrik dan Non Parametrik). Pangkalan data kekayaan intelektual, No.Pencatatan 000540438, Tgl. Pencatatan 2023-03-31.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-05-02

Cara Mengutip

Mulfi, W. O. D., Rasmuin, R., & Lestari, D. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa di SMA Negeri 1 Batauga. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 11(1), 47-54. https://doi.org/10.55340/japm.v11i1.1820

Terbitan

Bagian

Articles