Pengembangan Proses Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Dikelas VII SMP Negeri 12 Baubau

Penulis

  • Nur Naiya Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rasmuin Rasmuin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Dian Lestari Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v11i1.1825

Kata Kunci:

pengembangan proses pembelajaran, pembelajaran berdiferensiasi, bangun datar segi empat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui valid, praktis dan efektifan dari metode pengembangan proses pembelajaran berdiferensiasi pada materi bangun datar segiempat di SMP Negeri 12 Baubau. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan 5 (lima) tahap: analysis, design, development, implementation, dan evaluation (ADDIE). Populasi penelitian sebanyak 114 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 29 untuk kelas eksperimen dan 29 siswa untuk kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen berbentuk angket respon siswa, angket respon guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes kemampuan pembelajaran berdiferensiasi. Teknik pengumpulan datanya yaitu pemberian angket, observasi aktivitas siswa, dan pemberialn lembar tes kemampuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran berdiferensiasi pada materi bangun datar segiempat dikelas VII.B, tingkat kevalidan yang diperoleh dari validator yaitu 4,9 dari nilai maksimal 5 (dinyatakan valid), praktis karena presentase rata-rata respon siswa 93,10% dan respon guru 97,5% berada pada kategori positif dan efektif karena persentase rata-rata aktivitas siswa 82,75% berada pada kategori sangat baik dan tes kemampuan siswa diperoleh hasil analisis uji beda rerata kelas eksperimen dan kontrol berada pada taraf signifikan 0,000<0,05 yang berarti bahwa proses pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan kemampuan matematika siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad Teguh Purnawanto, M. P. (2023). Pendidikan Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1), 34–54

Ambarita, Jenri, M.Pd.K & Pitri Solidang Simanullang. 2023. Implementasi Pendidikan Berdiferensiasi. Indramayu: Adab

Bakri, H. (2022). Pengembangan Aplikasi Analisis Anova (Analysis Of Varian) Berbasis Microsoft Excel Sebagai Alat Bantu Riset. Skripsi. Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau

Fatirul, A., & Walujo, D. (2021). Metode Riset Pengembangan Bidang Pendidikan. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pendidikan Berdiferensiasi Pada Pendidikan Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Handiyani, M., & Muhtur, T. (2022). Mengembangkan motivasi studi murid melalui strategi pendidikan berdiferensiasi. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817-5826

Sipalingging, R., M.Pd. (2023). Pendidikan Berdiferensiasi Pada Implementasi Kurikulum Merdeka: Tata Akbar.

Sukmawati, R., & Tarmizi, M. I. (2023). Pengaruh Pendidikan Berdiferensiasi Terhadap Hasil Studi Matematika Murid Sekolah Dasar. Tjyybjb.Ac.Cn, 09(03), 1660–1670. http://117.74.115.107/index.php/jemasi/article/view/537

Wulandari RH, D.,S.,S. (2022). Pengembangan Modul Pendidikan Matematika Modul Geometri Berbasis Open-Ended Problem untuk Meningkatkan Kreativitas murid di SMA Negeri 2 Baubau. Skripsi. Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau

Rayanto Y, A. & Sugianti. (2020). Riset Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Kota Pasuruan, Indonesia: Penerbit Lembaga Academic & Research Institute.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-05-07

Cara Mengutip

Naiya, N., Rasmuin, R., & Lestari, D. (2025). Pengembangan Proses Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Dikelas VII SMP Negeri 12 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 11(1), 62-67. https://doi.org/10.55340/japm.v11i1.1825

Terbitan

Bagian

Articles