Efektifitas Model Pembelajaran Knisley Terhadap Penalaran Matematis Siswa

Penulis

  • Dian Lestari Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Sardin Sardin Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.195

Kata Kunci:

model pembelajaran knisley, penalaran matematis

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan  model pembelajaran knisley terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII  SMP Negeri 4 Baubau pada semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif model eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrument penelitian berupa tes kepada kedua kelompok, untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dalam bentuk uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Rata-rata nilai kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Baubau dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Knisley adalah 73,22 lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran Knisley yang nilai rata-ratanya  yaitu 67,94. (2) Model pembelajaran Knisley lebih efektif dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran Knisley terhadap hasil belajar matematika SMP Negeri 4 Baubau.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggreafi, Sofia Sekar. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Knisley Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Materi Pokok Trigonometri Di SMA N 8 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hasnawati. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Contektual Teaching And Learning (CTL) dan Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wabula. Skripsi. Baubau: FKIP Unidayan.

Ihsan, F. (2003). Dasar-dasar kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Knisley, Jeff. (2003). A Four-Stage Model of Mathematical Learning. [Online]. Tersedia: http://math.coe.uga.edu/ tme/issues/ v12n1/v12n1. Knisley. Pdf.(diakses 6 maret 2019)

La Sabardin. (2014). Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika. Baubau: Unidayan

Mulyana, Endang. (2009). Pengaruh model Pembelajaran Matematika Knisley Terhadap Peningkatan Pemahaman dan Disposisi Matematika siswa SMA Program Ilmu Pengetahuan Alam. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Program Pascasarjana UPI

NRC. (2002). Helping children learn mathematics. Washington, DC: NationalAcademic press.

Permendiknas. (2010). Peraturan Mentri Pendidikan Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar isi (SI) dan standar kompetensi lulusan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Depdiknas.

Shadiq, Fajar. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. [online]. Tersedia: http://p4tkmatematika.org/downloads/sma/pemecahanmasalah.Pdf. (diakses 6 maret 2019)

Siregar, dkk. (2011). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiono. (2010). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-09-10

Cara Mengutip

Lestari, D., & Sardin, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Knisley Terhadap Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(1), 49-52. https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.195

Terbitan

Bagian

Articles