Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematich Project (MMP) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Fungsi pada Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v11i2.1969Kata Kunci:
penerapan model, missouri mathematich project (MMP), hasil belajar matematikaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok fungsi siswa kelas VIII2 SMP Negeri 4 Mawasangka Kabupaten Buton Tengah melalui penerapan model pembelajaran MMP. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VIII2 SMP Negeri 4 Mawasangka yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran MMP pada materi pokok fungsi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes awal yang dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata yaitu 47,58 dan jumlah persentase siswa yang tuntas adalah 30%. Skor rata-rata hasil belajar matematika pada siklus I adalah 64,67 dan jumlah siswa yang memperoleh nilai tuntas sebesar 60% yang dikategorikan baik. Pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar matematika meningkat menjadi 74,67 dan jumlah yang siswa memperoleh nilai tuntas 86,67%. Di samping itu, data hasil observasi disetiap siklusnya menunjukkan adanya perubahan sikap ke arah yang lebih positif, baik dari segi sikap dalam belajar dan keaktifan mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah.
Unduhan
Referensi
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (9th ed.). In New York: McGraw-Hill.
Azis, A. (2016). Analisis Tes Buatan Guru Bidang Studi Matematika Kelas V SD 1 Katobengke. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 15–24. https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2998
Azis, A., & Herianto, A. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.396
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2011). Proses belajar mengajar. In Bumi Aksara.
Joyce, B., & Calhoun, E. (2024). Models of teaching. Routledge.
Krismanto, A. (2003). Beberapa teknik, model, dan strategi dalam pembelajaran matematika. Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Rahmatia, R., & Azis, A. (2025). Efektivitas Penggunaan Strategi Means-Ends Analisis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 8–16.
Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. In 1. MODEL PEMBELAJARAN 2. BELAJAR DAN MENGAJAR,Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan / Wina Sanjaya (Vol. 2008, Issue 2008).
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. 2011. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slavin, R. E. (2009). Psikologi pendidikan: Teori dan praktik edisi kesembilan jilid 1. Terjemahan M. Samosir. Educational Psycology: Theory and Practice,.
Soedjadi, R. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia: konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Sudjana. (2015). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Aglesindo.
Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosda Karya.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). In Yayasan Hamjah Diha.
Uno, H. B. (2011). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif (Fatna Yustianti (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.



















