Pengaruh Gaya Belajar dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 18 Baubau

Penulis

  • Anwar Anwar Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Cindy Sripuja Jayanti Rizky Hakir Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Artati Iriana Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v11i2.1972

Kata Kunci:

Gaya Belajar, Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Baubau; 2) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Baubau; 3) untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa VII SMP Negeri 18 Baubau. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model penelitian korelasi ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Baubau dengan sampel yang terdiri dari 5 kelas, yaitu kelas VII 1, VII 2, VII 3, VII 4, dan VII 5 sebanyak 217 siswa yang dipilih melalui teknik Purposive Sampling dimana setiap kelas diambil sebanyak 6 siswa yaitu, 2 siswa berdasarkan kategori yang meraih ranking tertinggi, 2 siswa berdasarkan kategori yang meraih ranking sedang, dan 2 siswa berdasarkan kategori yang meraih ranking terendah. Instrumen dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, statistik deskriptif, statistik inferensial dengan menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) ada pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Baubau dengan signifikansi variabel 0,000 < 0,05; 2) tidak ada pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Baubau dengan signifikansi variabel 0,191 > 0,05; 3) ada pengaruh gaya belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Baubau dengan signifikansi variabel 0,000 < 0,05.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Damayanti, Erlina, Agus Budi Santosa, Muhamad Syariffuddien Zuhrie, and Puput Wanarti Rusimamto. (2020). “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar.” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 9 No 03:639–45.

Fitria, Waode Adna, and Maya Nurlita. (2020). “Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Melalui Diaring SMP Negeri 18 Baubau.” Jurnal Akademik Pendidikan Matematika 2003:152–62. doi: 10.55340/japm.v6i2.271.

Hamidi, Iksan, Maemonah. (2022). “Analisis Kesulitan Belajar Fiqih Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa MTs Negeri 1 Mataram.” Pembelajaran Remedial Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Hasil Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih.

Iriana, Artati. (2021). “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN 1 Wakatobi.”

Juminingsih. (2019). “Hubungan Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Biologi Peserta Didik (Studi Korelasi Di Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Garut Tahun Ajaran 2021/2022).” II(2009):1–15.

Karim Risna. (2023) “Hubungan Antara Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VIII MTs Negeri 1 Baubau.” 9:35–42.

Kusumawardani, Dyah Retno, Wardono, and Kartono. (2018). “Pentingnya Penalaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1(1).

Marpaung, Junierissa. (2015). “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa.” 2(2):13–17.

Natassa, Nuni, Mohd Sani, Shahlan Surat, and Saemah Rahman. (2023). “Kecerdasan Emosi Dan Burnout Guru.” Jurnal Dunia Pendidikan 5(2):134–46. doi: 10.55057/jdpd.2023.5.2.13.

No, Vol, and Muhammad Win Afgani. (2023). “Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” 1(2):73–80.

Ode, Icha Puspta Saputri, and Artati Iriana. (2020). “Analisis Kesulitan Memahami Konsep Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Metakognisi Siswa Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Baubau.” Jurnal Akademik Pendidikan Matematika. doi: 10.55340/japm.v6i2.270.

Permana, Adi. (2016). “Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Kemampuan Belajar Ilmu Alamiah Dasar.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6(3):276–83. doi: 10.30998/formatif.v6i3.999.

Purnama, Indah Mayang. (2016). “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di SMAN Jakarta Selatan.” 6(3):233–45.

Rohmah, Luthfiyatur. (2022). “Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa.”

Wahyuddin, Wawan. (2016). “Gaya Belajar Mahasiswa (Studi Lapangan Di Program Pascasarjana IAIN ‘SMH’ Banten).” Alqalam 33(1):105–20.

Wahyuni, Yusri. (2017). “Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta.” Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika 10(2):128–32. doi: 10.30870/jppm.v10i2.2037.

Yanti, Yanti Fitri. (2014). “Pengaruh Kecerdasan Emosi Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTsN Pamulang.”

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-11-13

Cara Mengutip

Anwar, A., Hakir, C. S. J. R., & Iriana, A. (2025). Pengaruh Gaya Belajar dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 18 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 11(2), 113-124. https://doi.org/10.55340/japm.v11i2.1972

Terbitan

Bagian

Articles