Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat dan Fungsi Kubik Kelas X SMA Negeri 1 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v11i2.1976Kata Kunci:
Pengaruh, Aplikasi Geogebra, Hasil Belajar SiswaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan aplikasi terhadap sikap siswa kelas X SMA Negeri 1 Baubau pokok bahasan fungsi kuadrat dan fungsi kubik, untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan aplikasi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Baubau pokok bahasan fungsi kuadrat dan fungsi kubik, untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan aplikasi terhadap keterampilan siswa kelas X SMA Negeri 1 Baubau pokok bahasan fungsi kuadrat dan fungsi kubik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Baubau Tahun Ajaran 2024/2025 semester genap yang diambil 2 kelas yaitu kelas X.1 dan kelas X.2 yang berjumlah 55 orang sebagai sampel penelitian dengan menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes, dan lembar unjuk kerja. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan nilai thitung N-Gain sikap = 3,096 > ttabel = 2,006, nilai thitung N-Gain hasil belajar = 2,756 > ttabel = 2,006, nilai thitung N-Gain keterampilan = 4,142 > ttabel = 2,006. Dengan demikian nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak. Selain itu, taraf signifikansi hasil analisis untuk N-Gain sikap sebesar 0,003 < 0,05 , N-Gain hasil belajar sebesar 0,008 < 0,05 , N-Gain keterampilan sebesar 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan aplikasi geogebra terhadap sikap, hasil belajar, dan keterampilan siswa kelas X SMA Negeri 1 Baubau dalam pokok bahasan fungsi kuadrat dan fungsi kubik.
Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta, Jakarta.
Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688
Damayanti, A. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 1(1), 99–108.
Ekawati, A. (2016). Penggunaan Software Geogebra Dan Microsoft. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 148–153.
Fitra, A., & Sitorus, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari I Medan. Jurnal Media Informatika, 2(2), 51–61. https://doi.org/10.55338/jumin.v2i2.694
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54
Hutagaol, S. M. B., Manurung, S., & Siahaan, T. M. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII di SMP Negeri 4 Kualuh Hulu. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 9026–9039.
Ikhlas, A., Rukhmana, T., & Feti Liliana, W. O. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(4), 13119–13128. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2313
Mahmudi, A. (2017). Pemanfaatan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.33387/dpi.v5i1.236
Nurhikmah, A., Madianti, H. P., Azzahra, P. A., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Game Educandy Untuk Meningkatkan Karakter Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 442.
PURWANINGSIH, P. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Penemuan Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 8 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(4), 422–427. https://doi.org/10.51878/educator.v2i4.1929
Ramadani, A. N., Kirana, K. C., Astuti, U., & Marini, A. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN (STUDI LITERATUR). Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 43(4), 342–346.
Rasmuin dkk 2023, Aplikasi Analisis Data Penelitian Menggunakan Uji Beda Rerata (Statistik Parametrik Dan Non Parametrik).
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
Wahab, A., Junaedi, S. P., Efendi, D., Prastyo, H., PMat, M., Sari, D. P., Syukriani, A., Febriyanni, R., Rawa, N. R., & Saija, L. M. (2021). Media pembelajaran matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Widana, I. W., & Muliani, N. P. L. (2020). Uji persyaratan analisis. Klik Media.
Widoyoko. (2014). Penelitian Hasil Belajar Di Sekolah. Pustaka Belajar
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843



















