Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 62 Buton

Penulis

  • Wa Ulfa Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Ernawati Jais Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Dian Lestari Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v11i2.1977

Kata Kunci:

pengaruh, keterampilan komunikasi, keterampilan penalaran matematika

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas V SD Negeri 62 Buton. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 62 Buton, yang terdiri dari 17 siswa di kelas A dan 17 siswa di kelas B. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu sebanyak 34 siswa yang diambil menggunakan teknik convenience sampling. Instrumen dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, statistik inferensial dengan menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis memiliki pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas V SD Negeri 62 Buton. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis, bahwa koefisien regresi bertanda positif untuk variabel kemampuan komunikasi matematis yang mempunyai nilai menunjukan adanya hubungan yang searah antara kemampuan komunikasi matematis terhadap kemampuan penalaran matematika siswa sedangkan nilai t hitung sebesar 2,217 > t tabel 2,037. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 13,3% untuk tingkat variabel X terhadap Y, sementara sisanya sebesar 86,7%, dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ariati, Chelsi, and Dadang Juandi. 2022. “Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review.” Jurnal Lemma 8(2):61–75. doi: 10.22202/jl.2022.v8i2.5745.

arifuddin, arifuddin, and agus sugiono. 2019. “Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Efektivitas Pengendalian Piutang Dan Kolektabilitas Piutang Tak Tertagih Pada Bprs Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan.” Aktiva: Jurnal Akuntansi Dan Investasi 4(1):1–19. doi: 10.35835/aktivav4n1.01.

Armin, Rismayani. 2024. “Pengaruh Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Baubau.” 10(November).

Aulia, Noor Ifa, Eka Nurmala, Sari Agustina, and Risdiana Chandra Dhewy. 2018. “Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika.” 1–8.

Cleopatra, Maria. 2015. “Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5(2):168–81. doi: 10.30998/formatif.v5i2.336.

Darkasyi, Muhammad, Rahmah Johar, and Anizar Ahmad. n.d. “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Siswa Dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning Pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe.” 21–34.

Elsa, ariesnita putri charisma. 2024. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau.” 10(November).

Fitri, Laylatul, and Maylita Hasyim. 2018. “Pengaruh Kemampuan Disposisi Matematis, Koneksi Matematis, Dan Penalaran Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.” JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika) 4(1):47. doi: 10.29100/jp2m.v4i1.1778.

Haji, Saleh, and M. Ilham Abdullah. 2016. “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Matematika Realistik.” Infinity Journal 5(1):42. doi: 10.22460/infinity.v5i1.190.

Hendana, Indah Putri, and Karunia Eka Lestari. 2024. “Pengaruh Kemampuan Penalaran Matematis Terhadap Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 5(1):198–204. doi: 10.33365/ji-mr.v5i1.3598.

Herlawan, Herlawan, Ernawati Jais, and Hadijah Hadijah. 2022. “Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Buton Tengah.” Jurnal Akademik Pendidikan Matematika 108–15. doi: 10.55340/japm.v8i2.870.

Inayah, N. 2017. “Pengaruh Kemampuan Penalaran Matematis (Mathematical Reasoning) Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Koneksi Pada Materi ….” Journal of Educational Science and … 2(5):74–80.

Jais, Ernawati, Suwarni La Usa, and Wardah Intifadah. 2024. “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 2 Baubau.” Jurnal Akademik Pendidikan Matematika 10(1):32–36.

Kusumawardani, Dyah Retno, Wardono, and Kartono. 2018. “Pentingnya Penalaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika [The Importance of Mathematical Reasoning in Improving Mathematical Literacy Skills].” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1(1):588–95.

Lubis, Risa Nursamsih, Meiliasari, and Wardani Rahayu. 2023. “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika.” Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah 7(2):23–34. doi: 10.21009/jrpms.072.03.

Nezha, RACHIDI. 2014. “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Siswa Di SMK Negeri Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya.” 1(1):1–203.

Novianti, Ririn, and Ahmad Syarkowi. 2021. “Kepuasan Siswa Terhadap Pembelajaran Fisika Di Era New Normal Covid-19.” Journal of Natural Science and Integration 4(2):162. doi: 10.24014/jnsi.v4i2.14127.

Qomariyah, Siti. 2017. “Hubungan Antara Kemampuan Penalaran Dengan Komunikasi Matematis Terhadap Pretasi Belajar Matematika.” JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika 1(1):49. doi: 10.31764/jtam.v1i1.306.

Sunaryo, Yoni, St. Budi Waluya, Nuriana Rachmani Dewi, Wardono, Kristina Wijayanti, and Walid. 2024. “Literatur Review: Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 7:931.

Wati, Irma. 2021. “Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Ix Smp Negeri 8 Tarakan Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Ix Smp Negeri 8 Tarakan.” universitas borneo tarakan tarakan.

Wijayanti, Heni, and Huri Suhendri. 2017. “Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Dan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika.” Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 240–48.

Zaini, Ahmad, and Marsigit Marsigit. 2014. “Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik Dan Konvensional Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Siswa.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1(2):152. doi: 10.21831/jrpm.v1i2.2672.

Zainuddin, Zulkifli. 2016. “Analisis Faktor Dalam Pengambilan Keputusan Nasabah Memilih Produk Pembiayaan Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Ciputat).” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 1(1):1–12. doi: 10.36226/jrmb.v1i1.5.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-11-14

Cara Mengutip

Ulfa, W., Jais, E., & Lestari, D. (2025). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 62 Buton. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 11(2), 130-138. https://doi.org/10.55340/japm.v11i2.1977

Terbitan

Bagian

Articles