Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 1 Katobengke
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.201Kata Kunci:
hasil belajar matematika, model pembelajaran inkuiri terbimbing, pendekatan kontekstual, eksperimen kuasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 1 Katobengke tahun ajaran 2019/2020 semester II. Hasil penelitian ini adalah: melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan kontekstual, siswa dapat menemukan sendiri langkah-langkah dalam mencari penyelesaian suatu materi yang harus dikuasai oleh siswa, baik secara individu maupun kelompok sehingga model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 1 Katobengke Tahun Ajaran 2019/2020.
Unduhan
Referensi
Hudiono, Bambang. (2008). Pembudayaan Pendekatan Open-Ended Problem Solving dalam Pengembangan Daya Representatif Matematik pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 9, N0. 1, Maret 2008. [online]. Tersedia di: http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/91082329.pdf [16 Juli 2015].
Maguire, L. Da M. Lindsay. (2010). Exploring Osmosis and Diffuson in Cells. Diakses dari http://ctge_5634.wikispaces.com/file/view/Difusion.Osmosis.pdf pada Selasa, 23 Mei 2017 08.00 p.m.
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangakan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA).Bandung: Tarsito.
Suherman dkk, (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: JICA.
Sujiati dan Wahyudi. (2014). Studi Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Pendekatan Kontekstual dengan Model Pembelajaran Inkuiri dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad di Kelas XI IPS SMA Negeri Kamal. E-journal : UNESA.