Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Time Token Arends
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.259Kata Kunci:
time token arendsAbstrak
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah prestasi belajar matematika siswa kelas X-MIA.5 SMA Negeri 4 Baubau pada materi pokok Trigonometri dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Time Token Arends. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas X-MIA.5 SMA Negeri 4 Baubau pada materi pokok Trigonometri dengan menerapkan model pembelajaran Time Token Arends. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-MIA.5 SMA Negeri 4 Baubau yang berjumlah 41 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa Lembar observasi dan Tes prestasi belajar matematika dengan teknik pengambilan data yaitu observasi lalu kemudian pemberian tes. Teknik analisis data hasil penelitian yaitu reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes kemampuan awal rata-rata skor prestasi belajar siswa 57,07 dengan ketuntasan 36,59%, pada siklus I rata-rata skor prestasi belajar siswa 67,93 dengan ketuntasan 58,54% dan pada siklus II rata-rata skor prestasi belajar siswa 82,68 dengan ketuntasan 87,80%. Berdasarkan indikator kinerja, disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok Trigonometri siswa kelas X-MIA.5 SMA Negeri 4 Baubau dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran Time Token Arends.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Zaenal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.
BSNP. 2007. Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: DEPDIKNAS.
Hanafiah dan Suhana, Cucu. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
S. Githa, I.M. Sugiarta, dan I.W.P. Astawa. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, Volume X No 2, Agustus 2019. https://www.researchgate.net/publication/335672448_PENGARUH_MODEL_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_TIME_TOKEN_TERHADAP_KEMAMPUAN_KOMUNIKASI_DAN_AKTIVITAS_BELAJAR_SISWA_KELAS_VIII_SMP_NEGERI_2_SINGARAJA. Diakses 3 Januari 2020.
Permendikbud. 2018. Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah AliyahJakarta: Kemdikbud.
Rochiati Wiriatmadja. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sanjaya, Wina. Strategi pembelajaran: berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media, cet. 8, 2011.
Sholihah, D.A. dan Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika Mts Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JRPM. Vol. 2, No. 2 Tahun 2015. https://Journal.uny.ac.id › jrpm › article › download. Diakses 10 oktober 2019.
Yonny, dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.
Yuni Agsa Yuna, Mujib Mujib, dan Indah Resti Ayuni Suri. “Model Pembelajaran Scramble dan Time Token Arends (TTA) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik” in proc. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2018, paper, p.475. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/2403. di aksesoktober 2019.