Efektivitas Penggunaan Media Cisco Webex dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.263Kata Kunci:
kemampuan penalaran matematika, penggunaan media cisco webexAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media cisco webex dalam pembelajaran matematika efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media cisco webex dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau yang terdiri atas 11 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yaitu kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen sebanyak 31 orang dan siswa kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol sebanyak 31 orang di SMP Negeri 4 Baubau. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes. Berdasarkan hasil penghitungan dengan menggunakan independent samples t test diperoleh nilai thitung sebesar 4,155. Untuk nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05 (5%) dan db=60 yaitu 2,000. Berdasarkan nilai tersebut thitung> ttabel maka hipotesis penelitian diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media cisco webex dalam pembelajaran matematika efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau.
Unduhan
Referensi
Agustin, Dwi R. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. Jurnal Pedagogia ISSN 2089-3833 Volume 5, No. 2, Agustus 2016
Dewi, Tiara E. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Penemuan Terbimbing Dengan Berbantuan Lembar Kerja Siswa (Lks) Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 4 Baubau. Skripsi. Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haniah, (2019). Panduan Pengembangan Pembelajaran Tata Busana Berbasis Teknologi Digital (Webex Cisco) Untuk Instruktur dan Peserta Didik. Kalimantan Timur : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Hasidin. (2018). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Relasional Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Reasoning And Problem Solving Dan Model Inquiry Training Pada Kelas Xi Sma Negeri 1 Mawasangka Tengah. Skripsi. Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Rahyubi, Heri. (2012). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik dekskripsi dan tinjauan kritis. Bandung: Nusa Media
Rosnawati, R. (2011). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.
Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sardin. (2015). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran GI dan Problem Solving Ditinjau dari Prestasi Belajar Peluang, Kemampuan Penalaran, dan Sikap Siswa terhadap Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 10- Nomor 2, Desember 2015, (189-200)
Shadiq, F. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi. Diklat instruksi/Pengembangan Matematika SMA di Yogyakarta.
Slamet. (2001). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keefektifan Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan FIP. Universitas Pendidikan Ganesha: Singaraja.
Soewarno. (2010). Pengertian Efektivitas. Tersedia Pada: http: //Kompas.com/. Diakses pada tanggal 22 Januari 2018
Sumartini, Sri T. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5, Nomor 1, April 2015.
Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika Siswa Dalam Pelajaran Matematika. Disertasi doctor pada PPS IKIP Bandung.
Usniati, M. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatulloh.
Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Bandung: UPI
Wibisono, Y. 2005. Metode Statistik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.