Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pasarwajo
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.266Kata Kunci:
model pembelajaran think talk write, hasil belajar matematika siswaAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Pasarwajo. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Pasarwajo. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Pasarwajo yang terdiri atas 5 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yaitu kelas X MIPA2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 16 orang dan siswa kelas X MIPA1 sebagai kelas kontrol sebanyak 16 orang di SMA Negeri 2 PAsarwajo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes. Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam proses pembelajaran diketahui berdasarkan perhitungan uji t. hasil penelitian ini diperoleh thitung = 2,314 dan ttabel = 30, maka thitung ttabel = 2,314 < 30, pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Pasarwajo.
Unduhan
Referensi
Ansari, B. (2009). Komunikasi Matematika. Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh Devisi Penerbitan.
Bloom, Benjamin S. etc. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York: Longmans, Green and Co
Bunadi. (2018). Variabel Penelitian. https://alihamdan.id/variabel-penelitian/?amp. (Diambil tanggal 16 Januari 2020)
Dimanyanti dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IMB SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hairun, La Ode. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Ampitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Prestasi belajar Matematika Siswa SMP Negeri 2 Buton Tengah. Baubau: Universitas Dayanu Ikshanuddin Baubau.
Hamalik, Oemar. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, M. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Huinker, DeAnn & Connie Laughlin. (1996). Talk Your Way Into Writing. Reston, Va: National Council of Theacher of Mathematics.
Mayakusuma. (2012). Pengertian dan Sintakas Model pembelajaran TTW.
Masingila. J.O. dan Wisniowska, E.P. (1996). Developing and Assessing Mathematical Understanding in Calculus Through Writing. Reston, Va: National Council of Theacher of Mathematics.
Nina. 2008. Pengaruh Strategi Think-Talk-Write (TTW) terhadap hasil belajar matematika siswa (Studi Eksperimen di MTsN 19 Pondok Labu Jakarta Selatan). Skripsi Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Sudjana. (2005) Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta