Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tomia
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.268Kata Kunci:
peningkatan kemampuan pemecahan masalah, pendidikan matematika realistikAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui pendidikan matematika realistik lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui pendidikan matematika realistik. Desain penelitian yang digunakan adalah desaqin dua kelompok dengan pretest dan posttest. Populasi penelitin adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tomia. Sampel penelitian adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu esay test. Analisis statistik yang digunakan adalah N Gain score untuk tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat perbedaan nilai rata rata kemampuan pemecahan masalah matematika. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata rata 78,34 dan kelas kontrol sebesar 54,22. Maka kriteria keektifan didasarkan pada gain score diperoleh presentase kelas eksperimen sebesar 78% termaksud dalam kategori tinggi maka H0 ditolak H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan matematika realistik lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Unduhan
Referensi
Abdillah, R. F. (2012). Analisis kinerja keuangan pada unit simpan pinjam KPRI Dhaya Harta Jombang periode 2005-2011. Analisis Kinerja Keuangan Pada Unit Simpan Pinjam KPRI Dhaya Harta Jombang Periode 2005-2011/Rizky Fitrianto Abdillah.
Apriyono, A., & Taman, A. (2013). Analisis overreaction pada saham perusahaan manufaktur di bursa efek Indonesia (BEI) periode 2005-2009. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(2), 76–96.
Kaniawati, I. (2017). Pengaruh simulasi komputer terhadap peningkatan penguasaan konsep impuls-momentum siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 24–26.
Panjaitan, L. M. (2018). PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI BILANGAN PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDAR KHALIFAH TP 2018/2019.
Pratama, R. (2015). Penerapan Strategi Think-Talk-Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII-2 Smp Swasta Eria Medan TA 2014/2015. UNIMED.
Rachma, A. A. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Penalaran Berbasis Kasus (Case Based Reasoning) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
RAHAYU, I. I. N. R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII DI MTsN 1 KONAWE SELATAN. IAN KENDARI.
SETIAWAN, I. M. D., Candiasa, I. M., Kom, M. I., & Marhaeni, A. A. I. N. (2014). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) dan asesmen projek terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan mengendalikan kemampuan numerik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawan Singaraja. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 4(1).
Wirdaningsih, S., Arnawa, I. M., & Anhar, A. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan contextual teaching and learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas xi. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 275–289.