Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN 1 Wakatobi

Penulis

  • Artati Iriana Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Armin Armin Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.384

Kata Kunci:

kecerdasan emosional, prestasi belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTsN 1 Wakatobi. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Wakatobi yang terdiri atas 5 kelas sebanyak 130 orang siswa. Sampel yang diambil adalah sebanyak 40% atau 52 orang siswa dari jumlah populasi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Dari hasil analisis deskriptif data menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa secara umum masih dalam kategori sedang. Dimana sebanyak 13,46% siswa berada dalam kategori tinggi, sebanyak 67,30% siswa berada dalam kategori sedang dan sebanyak 19,23% siswa berada dalam kategori rendah. Sedangkan untuk tingkat prestasi belajar matematika siswa secara umum masih dalam kategori sedang pula. Dimana sebanyak 17,30%  siswa berada dalam kategori tinggi, sebanyak 61,53 % berada dalam kategori sedang dan sebanyak 21,15% berada dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan regresi sederhana diperoleh persamaan regresi linear: Y = 69,320 + 0,067X. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu secara simultan tidak terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar, ini dapat dilihat pada nilai F hitung sebesar 1,037 yang lebih kecil dari F tabel sebesar 4,03. Sedangkan secara parsial, kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar, ini dapat dilihat pada nilai t hitung sebesar 1,018 yang lebih kecil dari nilai t tabel sebesar 2,008.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asyhar, Ahmad Hanif. n.d. “HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP PGRI SEDATI.”

Firmansyah, Imam. 2010. “Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Triguna Utama Ciputat.”

Gunawan, Ce. 2018. Mahir Menguasai SPSS:(Mudah Mengolah Data Dengan IBM SPSS Statistic 25). Deepublish.

Gusniwati, Mira. 2015. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN Di Kecamatan Kebon Jeruk.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5 (1)

Khaerunnisa, Etika. 2016. “Studi Deskriptif Adversity Quotient Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Berdasar Jenis Kelamin Dan Kemampuan Mahasiswa.” JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika) 9 (1).

Purnama, Indah Mayang. 2016. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di SMAN Jakarta Selatan.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6 (3).

Setyawan, Andoko Ageng, and Dumora Simbolon. 2018. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru.” JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika) 11 (1)

Yudiaatmaja, Fridayana. 2013. Analisis Regresi Dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik. Gramedia Pustaka Utama.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-01

Cara Mengutip

Iriana, A., & Armin, A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN 1 Wakatobi. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(1), 1-8. https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.384

Terbitan

Bagian

Articles