Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Wangi-Wangi Selatan
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.386Kata Kunci:
pembelajaran kooperatif tipe think pair share, motivasi belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wangi-Wangi Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wangi-Wangi Selatan yang berjumlah 100 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling yang berjumlah 50 siswa yaitu 25 siswa untuk kelas eksperimen dan 25 siswa untuk kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan independent samples t-test, diperoleh nilai hitung t-hitungsebesar 3.312 dengan nilai pada taraf signifikan 0,05 (5%) yaitu sebesar 2.011 dengan df 48. Untuk nilai > maka hipotesis penelitian diterima.Jadi, dapat disimpulakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Wangi-Wangi Selatan.
Unduhan
Referensi
Akhyar, I (2019) Pegaruh Aus Kas Operasi Dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham (Survei Pada Perusahaan Su Sektor Pulp & Kertas Yan Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018) (Docoral Dissrtation, Univesirtas Komputer Indonesia).
ARIFAH, Z. (2019) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RTERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMP NU BANJAR TUBAN (Doctoral Disertation, Universitas Islam Sultan Agung).
Fadillah,R.P. (2013)Tangapan Siswa Terhadap Penerapan Metode Demonstrasi hubungan dengan Hasil Belajar Kognitif Merea pada Mata Pelajaran IPA. Penelitian Kelas V MI Raudlatul Muta Amlimin Jatinangor Sumedang (DOCTORAL DISSERTATION, UIN SUNAN GUNUNG DJATI)
FARIDA,N. (2020) PENINKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAI SHARE)PADA KELAS VII SMPN 1 SOKARLA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO)
INDAYANI, K. (2016) Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan danPeneriman Kas Pada Apotek Diva Sejahtera Blitar, UN PGRI Kediri.
Maesaro, S. (2013) Penerapan metod pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam Jurnal Kependidikan , 1(1), 150-16
Nogo, A,A. & Dewi, D. A. P. S. (2019) PENGARUH EKSISTENSI KEPEMIMPINAN INDEPENDEN TERHADAPKINERJA PEGAWAI, JISIP, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 7(2)
Nurwanti, E. S. (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNINGT TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Doctoral dissertaion, FKIP UNPAS)
Raiyani, N. L. K. P. & Suputra, I. D. (2014) Pengaruh Kompetensi, Kompleksitas Tugas, dan Locus of Conrol terhadap Audit judgment. E-Jurnal Akuntansi Universitas Uadayana, 6(2014), 429-43
sari, S. P. (2013) Pengaru Bimbingan Akademik terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa: Penelitian pada M ahasiswa Semester IV Angkatan2011 Jurusan BKI Fakultas Dakwah dan Komnkasi Univesitas Islam Negeri Sunan Guung Djati Bandung (Doctoral dssetation UIN Sunan Gunung Djati Bandug)
Tanzimah, T. (2020). Keterkaitan Model Pembelajaran Think Pair S hare (TPS) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.
Troy, L., McFarland, K., Littman-Power, S., Kelly, B, J., Walpore, E. T., Wyld, D., & Thomson, D. (2000). Cisplatin-based therapy: a neurological and neuropsychological review. Psycho-Oncology: Journal of the Psychological, Sosial and Behavioral Dimensions of cancer, 9(1), 29-39
WULANSARI, M. (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION 9(STAD) BERATUAN QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI POKOK PROKLAMASI KEMERDEKAN INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX IPS 4 SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi)