Pengaruh Penguasaan Konsep SPtLDV Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Program Linear Kelas XI MIA SMAN 3 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.387Kata Kunci:
Penguasaan Konsep SPtLDV, Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Program LinearAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan konsep SPtLDV terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal program linear kelas XI MIA SMAN 3 Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian kunatitatif dengan metode ex post facto dengan tekhnik analisis regresi sederhana. Populasi penelitian yakni 64 siswa kelas XI MIA SMAN 3 Baubau. Sampel penelitian ini ada 20 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrument penelitian(tes) kepada responden, untuk mengukur penguasaan siswa pada materi SPtLDV dalam menyelesaikan soal-soal program linear. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji-t.Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan:(1) Penguasaan konsep SPtLDV siswa kelas XI MIA SMAN 3 Baubau diperoleh nilai rata-rata 50,85, persentase 65%. Hal ini menunjukkan bahwa nilai tersebut berada pada kategori tinggi dengan 13 orang siswa dari 20 orang siswa. (2)Tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal program linear keas XI MIA SMAN 3 Baubau diperoleh nilai rata-rata 53,20, persentase 65%,Hal ini menunjukkan bahwa nilai tersebut berada pada kategori tinggi dengan 13 orang siswa dari 20 orang siswa, (3)berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh thitung(t0) = 4,666 dan ttabel = 2,101. Berarti thitung>ttabel (4,666 > 2,101), maka dan H0 ditolak dan H1 diterima sehingga disimpulkan bahwa:“Terdapat Pengaruh Penguasaan Konsep SPtLDV Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Program Linear Kelas XI MIA SMAN 3 Baubau” sebesar 54,7% sedangkan 45,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Unduhan
Referensi
AM, S. (2008). Interaksi dan Motivasi belajar dan Mengajar. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Astuti, Tita Fuji. 2012. “Pengaruh Pemahaman Konsep Aljabar Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Aritmatika Sosial”.Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Hamalik, D. O. (1995). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.
Hudojo, H. (2005). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika. Malang: UM Press.
Ihsan, H. F. (1997). Dasar-dasar kependidikan. Penerbit Rineka Cipta.
Nasution, A. T. (2016). Filsafat Ilmu: Hakikat Mencari Pengetahuan. Deepublish.
Rohim, N. (2011). Pengaruh penguasaan konsep bangun datar terhadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Nahdlatut Thullab Manggarwetan Godong Grobogan tahun pelajaran 2010/2011. IAIN Walisongo.
Seruni, “Pengaruh Penguasaan Konsep Matematika dan Kreativitas Belajar terhadap Perilaku Disiplin”. Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 3 no. 3. (Diakses 08 Februari 2017).
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi Cet. V; Jakarta: Rineka Cipta.