Pengaruh Strategi Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII SMP Negeri 15 Baubau

Penulis

  • Sardin Sardin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Nuryati La Basi Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.388

Kata Kunci:

Strategi Pembelajaran Course Review Horay, hasil belajar matematika siswa

Abstrak

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Course Review Horay  terhadap hasil belajar matematika siswa di Kelas VII SMP Negeri 15 Baubau.Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Penelitian Quasy Experiment dengan menggunakan prest-test dan post-test pada kelas eksperimen dan dan kelas kontrol.Adapun  penerapan strategi pembelajaran Course Review Horay ini dirandom atau dipilih dengan tehnik random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Baubau yang terdiri dari 2 kelas. Dimana populasi sekaligus sampel, Sampel dalam penelitian ini yang terpilih yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 17 orang dan kelas VII B sebagai kelas kontrol sebanyak 17 orang. Instrument pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes dengan analisis data menggunakan uji t. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,352. Untuk nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05 (5%) dan df=32 yaitu 1,693. Berdasarkan hasil tersebut thitung> ttabel maka hipotesis  diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 15 Baubau.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amir, Z. & Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressido.

Fuad Ihsan. 2005. Dasar-dasar pendidikan . Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gulo. 2008. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Grasindo

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: pustaka pelajar

Sardin. 2005. Pengaruh Penguasaan Konsep Dasar Matematika Siswa Kelas 1 SMA Negeri 1 wundulako Skripsi. FKIP, UHO: Kendari

Sundayana , Rostina. (2014). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-01

Cara Mengutip

Sardin, S., & Basi, N. L. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII SMP Negeri 15 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(1), 36-43. https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.388

Terbitan

Bagian

Articles