Pengaruh Strategi Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII SMP Negeri 15 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.388Kata Kunci:
Strategi Pembelajaran Course Review Horay, hasil belajar matematika siswaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar matematika siswa di Kelas VII SMP Negeri 15 Baubau.Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Penelitian Quasy Experiment dengan menggunakan prest-test dan post-test pada kelas eksperimen dan dan kelas kontrol.Adapun penerapan strategi pembelajaran Course Review Horay ini dirandom atau dipilih dengan tehnik random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Baubau yang terdiri dari 2 kelas. Dimana populasi sekaligus sampel, Sampel dalam penelitian ini yang terpilih yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 17 orang dan kelas VII B sebagai kelas kontrol sebanyak 17 orang. Instrument pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes dengan analisis data menggunakan uji t. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,352. Untuk nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05 (5%) dan df=32 yaitu 1,693. Berdasarkan hasil tersebut thitung> ttabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 15 Baubau.
Unduhan
Referensi
Amir, Z. & Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressido.
Fuad Ihsan. 2005. Dasar-dasar pendidikan . Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gulo. 2008. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Grasindo
Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: pustaka pelajar
Sardin. 2005. Pengaruh Penguasaan Konsep Dasar Matematika Siswa Kelas 1 SMA Negeri 1 wundulako Skripsi. FKIP, UHO: Kendari
Sundayana , Rostina. (2014). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta