Pengaruh Kemampuan Verbal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kapontori

Penulis

  • La Eru Ugi Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Askandar Askandar Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.389

Kata Kunci:

kemampuan verbal, prestasi belajar siswa

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pegaruh kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kapontori. Penelitian ini mengunakan desain eks-post fakto.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kapontori tahun ajaran 2020/2021. Sampelnya adalah siswa kelas VIII-A 30 dan VIII-B 27 yang dipilih menggunakan teknik proporti onal random sampel.Instrumen Penelitian ini adalah angket dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Kemampuan verbal siswa kelas VIII SMP negeri 1 Kapontori memiliki kemampuan yang sangat baik dan memiliki kemampuan verbal yang tinggi, sedang dan rendah. Kemampuan verbal siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kapontori termaksud dalam kategori sedang dengan presentase 75,5% hal ini dikarenakan kemampuan verbal sangat baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Astuti, I. A., & A. A. I. N. Marhaeni, S. (2013). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistis terhadap perstasi Belaja. Jurusan pendidikan dasar vol. 3 no. 2, 67-78.

Efendi, K. (2011). Hubungan antar konsep diri dan kemepuan verbal dengan prestasi belajar Pada Siswa Kelas Lima Sekolag Dasar Muhammadiyah Sukonaaadi Yogyakarta. Indonesia Psychologycal Jurnal Vol. I. 26-31.

Susanti. 2011. Hubungan Kemampuan Verbal dan Kemampuan Visual terhadap Kemampuan Numerik Siswapada Konsep CahayaSiswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB

Wahyudin. (November 2016). Analisis Kemampuan Menyeesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal. Jurnal Tadris Matematika, Vol. 9 No. 2, 148-160.

Hardiani, Nur. (2014). Pengaruh Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Bentuk Cerita. Vol. 7 No.1 Hal 64-71.

Aswadi, E.F.2017. “Pengaruh Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Man 1 Kajuara”. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Akbar, Hasdi Ali. 2016. Pengaruh Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kecamatan Sinjai Barat. Skripsi: Universitas Negeri Makassar.

Hanafi, Muh. Sain. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan Vol.17 No. 1 (Juni 2014: 66-79).

Firman. 2015. Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, dan Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMA 2 Pangkajene. Skripsi: Pendidikan Matematika Universitas Negeri Makassar.

Budiarman. 2015. Pengaruh Minat Memabaca, Motivasi Berprestasi, dan Kemampuan Verbal Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Kartika XX-1 Wirabuana Makassar.Skripsi: Pendidikan Matematika Universitas Negeri Makassar.

Daniati, Nadzifah Ajeng, Sugiman. 2015. Hubungan Antara Kemampuan Verbal, Kemampuan Interpersonal, dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika.PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 10 – Nomor 1, (Juni 2015).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-01

Cara Mengutip

Ugi, L. E., & Askandar, A. (2021). Pengaruh Kemampuan Verbal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kapontori. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(1), 44-49. https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.389

Terbitan

Bagian

Articles