Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Visual pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.390Kata Kunci:
efektivitas, media pembelajaran visual, prestasi belajar siswaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan pembelajaran dengan media pembelajaran visual yang menggunakan digital projector terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Tomia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tomia yang tersebar atas 3kelas paralel. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, karena populasi yang ada mempunyai prestasi belajar yang homogen, maka sampel diambil dua kelas yaitu kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes. Hasil penelitiannya adalahNilai signifikansinya adalah 0,001, nilai N-gain diperoleh perbedaan nilai rata – rata prestasi belajar matematika siswa kelas eksperimen sebesar 65,07 dan kelas kontrol sebesar 44,46. Maka kriteria kefektifan didasarkan pada gain score diperoleh persentase kelas eksperimen sebesar 65,07% termasuk dalam kategori cukup efektif karena berada diantara 56% sampai dengan 75% maka Ho ditolak dan H1 diterima berdasarkan kriteria penerimaan hipotesis. Hal ini berarti Penerapan media pembelajaran visual yang menggunakan digital projector cukup efektif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tomia pada pokok bahasan pola bilangan.
Unduhan
Referensi
Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.
Eliyah, S., Isnani, I., & Utami, W. B. (2018). Keefektifan model pembelajaran course review horay berbantuan power point terhadap kepercayaan diri dan prestasi belajar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 4(2), 131–140.
Lestari, E. (n.d.). Karunia dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara,(2015). Penelitian Pendidikan Matematika, Refika Aditama, Bandung.
Nurjannah, E., & Harta, I. (2016). Dampak Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa.
Penerapan, A. (n.d.). Fiqih Di MTsN 8 Kediri.
Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31.
RIZQIKA, F. D. (2015). PENERAPAN MEDIA AUDIO DAN VISUAL DALAM PEMBELAJARAN B INDONESIA KETRAMPILAN MENULIS DI KELAS III MIN PURWOKERTO TH PELAJARAN 2015-2016. IAIN.
ROMI, R. (2019). ANALISIS RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG. UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
SETIAWAN, R. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN MEDIA MODUL UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI KONSTRUKSI KAYU KELAS XI KKY SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2/JKPTB/17).
Untari, E. (2015). Efektivitas metode kuis interaktif dan explicit intruction pada prestasi belajar mahasiswa STKIP PGRI Ngawi. Media Prestasi: Jurnal Kependidikan STKIP PGRI Ngawi, 15(1).
WAHYUNINGSIH, N. R. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA AJAR MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BERDASARKAN EKSPERIMENTASI PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca forma typica) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.).
Zulkifli, Z. (2017). Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(1), 18–37.