Pengaruh Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Lakudo

Penulis

  • Ernawati Jais Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Zul Fahnur Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.392

Kata Kunci:

prestasi belajar siswa yang ditinjau dari kemandirian belajar, motivasi belajar

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah kemandirian belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Lakudo, Apakah motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Lakudo, dan  Apakah kemandirian belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Lakudo. Penelitian ini adalah jenis penelitian Ex Post Facto, yang di lakukan pada kelas VIII A SMP Negeri 1 Lakudo, semester genap tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajarnya. Data yang di peroleh kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dan di uji hiptesis dalam bentuk uji t.Hasil penelitian yang diperoleh: (1) nilai minimu dan maksimum angket kemandirian belajar adalah 94 dan 121, nilai minimum dan maksimum angket motivasi belajar adalah 91 dan 136, serta nilai minimum dan maksmum prestasi belajar siswa adalah 60 dan 83. (2) nilai rata-rata dari angket kemandian belajar adalah 67, nilai rata-rata dari angket motivasi belajar adalah 71 dan nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 68. (3) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t di peroleh nilai thitung = 7,867 dengan nilai sgnifikansi p = 0,001. Sehingga ada hunbungan yang signifikan antara kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anonim, 2010. Jurnal Pendidikan Matematika. PMAT LPTK FKIP Universitas Haluoleo dan ISPMS : Kendari.

Ahiri, 2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Unhalu Press : Kendari.

Ahiri, 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Unhalu Press : Kendari.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara : Jakarta.

Arini. 2008. Pengaruh Tingkat Intelegensi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas II SMA Negeri 99. Universitas Guna Dharma : Jakarta.

Baso, Indah Riyadi. 2006. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas II SMP Negeri 1 Asera. Skripsi, FKIP Unhalu. Kendari.

Gaspersz, Vincent. 1995. Teknik Analisis dalam Penelitian Percobaan.Tarsito : Bandung.

Hsalma. 2011. Minat Belajar. http://hsalma.wordpress.com/2011/05/27/minat-dalam-belajar/. Diakses 28 September 2011.

Masdin. 2007. Psikologi Belajar. Unhalu Press: Kendari.

Sudirman .2007 .Interaksi Dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja GrafindoPersada

Slamateo. 2003. Pelajar Dan Faktor Faktor Yang Mempegaruhuinya.RinekaCipta: Jakarta.

Sudjana , Nana .1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Remaja Rosdakarya: Bandung.

Surapranata. Sumarna. 2004. Analisis Validitas, Reliabitas Dan Interprestasi Hasil Tes.remaja Rosdakarya: Bandung.

Usman Saini Dan Pornomo .Setiady Akbar. 2002. Mengantar Statistika. BumiAksara: Jakarta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-01

Cara Mengutip

Jais, E., & Fahnur, Z. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Lakudo. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(1), 65-71. https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.392

Terbitan

Bagian

Articles