Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Higher Order Thingking Skill (HOTS) pada Siswa SMP

Penulis

  • Rasmuin Rasmuin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Salmin Syah Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.393

Kata Kunci:

Pengaruh metode pembelajaran problem solving, Higher order thingking skill

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penerapan metode pembelajaran Problem Solving terhadap Higher Order Thingking Skill (HOTS) pada siswa SMP Negeri 2 Kaledupa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Kaledupa tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 3 kelas A, B, dan C dengan jumlah seluruh siswa 60 orang. Sampel di ambil 2 kelas menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas VII B berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes uraian HOTS.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) rata-rata HOTS hasil pretest kelas eksperimen sebesar 20,40: 2) rata-rata HOTS hasil postest kelas eksperimen sebesar 37,950; 3) rata-rata HOTS hasil pretest kelas kontrol sebesar 19,10; 4) rata-rata HOTS hasil postest kelas kontrol sebesar 29,30. Berdasarkan rata-rata Higher Order Thingking Skill (HOTS) tersebut dan memperhatikan hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji-t menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Solving berpengaruh secara signifikan terhadap Higher Order Thingking Skill (HOTS) pada siswa SMP Negeri 2 Kaledupa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Cet. Ke-12. Jakarta. Rineka Cipta.

Dewi, F. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 1 RAMAN ENDRA TP. 2015/2016.

Fitriani, N. (2015). Hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan self confidence siswa SMP yang menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Euclid, 2(2).

Handayani, R., & Priatmoko, S. (2013). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(1).

Lie, A., Tamah, S. M., Gozali, I., & Triwidayati, K. R. (2020). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. PT Kanisius.

Marlina, R., Ambarita, A., & Astuti, N. (2013). PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN MEDIA GRAFIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD. Jurnal Pedagogi, 1(5).

Novaztiar, L. (2016). Penerapan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI Ma’arif NU Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016. IAIN PURWOKERTO.

Nur, H., & Jauhar, M. (2014). Strategi Belajar-Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Purnomo, R. A. (2016). Analisis statistik ekonomi dan bisnis dengan SPSS. CV. WADE GROUP bekerjasama dengan UNMUH Ponorogo Press.

Sundayana, R. (2014). Statistika penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

SUSANTI, I. M. A. N. F. (2017). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGANTRU.

Timotius, K. H. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian: Pendekatan Manajemen Pengetahuan untuk Perkembangan Pengetahuan. Penerbit Andi.

Ulya, H. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-01

Cara Mengutip

Rasmuin, R., & Syah, S. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Higher Order Thingking Skill (HOTS) pada Siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(1), 72-80. https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.393

Terbitan

Bagian

Articles