Pengaruh Penggunaan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas II di SD Negeri 75 Buton
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.394Kata Kunci:
media, papan, cerdas, perkalian, hasil belajarAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan cerdas perkalian terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi perkalian kelas II di SD Negeri 75 Buton Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pretest-posttest control group design, dimana dalam sampel yang digunakan untuk kelompok eksperimen maupun kontrol diambil secara random dari populasi, terdapat dua kelompok yang terdiri dari kelompok II A dengan jumlah siswa 8 orang sebagai kelompok kontrol dan kelompok II B dengan jumlah siswa 8 orang sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media papan cerdas perkalian. Berdasarkan hasil posttest siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil siswa kelompok kontrol, ketuntasan klasikal pada siswa kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 77,5 dibandingkan dengan kelompok kontrol sebesar 73,75. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji t didapatkan thitung = 0,187 dengan df = 14 sig.(2-tailed) pada 0,001 < α (0,05) sehingga disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh penggunaan media papan cerdas perkalian terhadap hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas II SD Negeri 75 Buton.
Unduhan
Referensi
Ananti and R. Patricia. 2014. Pengembangan Alat Peraga Matematika untuk Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Berbasis Metode Montessori.Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sanata Dharma. Diakses pada tanggal 04 Februari2020 dari https://repository.usd.ac.id/6053/2/121134071_full.pdf
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Departemen Pendidikan Nasional.2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia EdisiKeempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
E. G. Hainstock. 1997. The essential Montessori. USA: Penguin Books.
E. B. Johnson. 2010. Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Multi Pressindo.
Runtukahu, Tombokan and K. Selpius. 2014. Pembelajaran matematika bagi anak berkesulitan belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
J. T. Sastradiradja. 2014. Media dan Alat peraga pembelajaran. Jakarta: Indeks
Soesilowati. 2011. Perkalian itu asik dan menyenangkan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sudjana. 2005: 250.
Sugiyono. (2011). Metode Peneltian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sundayana and Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Suprijono. 2014:5.