Pengaruh Keaktifan Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sampolawa
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.395Kata Kunci:
keaktifan belajar, motivasi belajar, hasil belajarAbstrak
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sampolawa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Sampolawa dengan jumlah sebanyak 56 orang yang tersebar di dua kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh dari populasi yaitu sebanyak 56 orang. Instrument dalam penelitian ini berupa angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil menunjukan bahwa ada pengaruh keaktifan belajar dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sampolawa. Hal ini ditunjukan nilai , dengan nilai f sebesar 5,872 dan nilai sig sebesar 0,005 < 0,05. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh keaktifan belajar siswa dan mtivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sampolawa.
Unduhan
Referensi
Anwar. 2016. Pedoman Penulis Skripsi. Baubau: universitas dayanu ikhsanuddin.
Ali, S. 2019. Pengaruh Jam Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batauga. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Baubau: Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Emda, A. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida journal, Vol.5 No.2.
Kurniawati, C. 2017. Pengaruh Keaktifan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Kanisius Kalasan Pada Topik Bahasan Aljabar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Lestari, I. 2013. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Vol. 3 No.2: 115-125.
Pane, A., dan Dasopang, M., D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. Vol.03 No.2.
Rakhmanti, M. 2014. Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 2 pengasih : Program Studi Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan, Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.
Sanjaya, W (2008). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Grup.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, M. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Ragrafindo Persada.
Sartika, R, dkk. 2015. Hubungan Motivasi Belajar Dan Keaktifan Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Padang. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran. Vol. 3 No. 1.
Uno, Hamzah B. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wibowo, N. 2016. Upaya Meningkatka Keaktifan Siswa Melalui embelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), Vol. 1 No.2.
Wibisono, Y. 2005. Metode Statistik. Yogyakarta: Gaja Mada University Press