Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa SMP

Penulis

  • Azis Azis Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Asfin Herianto Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Wakatobi

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.396

Kata Kunci:

pembelajaran berbasis proyek, kemampuan memecahkan masalah matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Buton Tengah pada materi kubus dan balok. Penelitian ini adalah jenis penelitian Eksperimen, yang di lakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen di SMP Negeri 14 Buton Tengah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes, untuk mengukur kemempuan memecahkan masalah dalam kepercayaan diri. Data yang di peroleh kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dan di uji hiptesis dalam bentuk uji t. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) rata-rata hasil belajar siswa pada tes awal kelas eksperimen sebesar 36,25; (2) rata-rata hasil belajar siswa pada tes awal kelas kontrol sebesar 35; (3) rata-rata hasil belajar siswa pada tes akhir kelas eksperimen sebesar 85,25; (4) rata-rata hasil belajar siswa pada tes akhir kelas kontrol sebesar 48,41; (5) berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai  = 7,795 dan nilai signifikan ρ = 0,00. Sehingga penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematika tidak lebih efektif dari pada tanpa menerapkan model pembelajaran berbasis proyek siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Buton Tengah pada materi kubus dan balok.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Rineka Cipta.

Azis, A., & Ali, S. (2019). Pengaruh Jam Belajar Pada Mata pelajaran Matematika terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batauga. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 94–101. https://doi.org/10.31219/osf.io/pfu6j

Azis, A., & Dewangga, J. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Explicit Intruction dan Reward and Punishment ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.31219/osf.io/7xh46

Azis, A., & Yanti, I. S. (2019). Pengaruh Penerapan Fudiwus (Funny Study With Wolio Music) Ditinjau Dari Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.31219/osf.io/8zwvn

Kadir. (2005). Pengaruh Pendekatan Problem Possing terhadap Prestasi Belajar Matematika Jenjang Pengetahuan, Pemahaman, Aplikasi dan Evaluasi Ditinjau dari Metakognisi Siswa SMU di Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 055.

Kasmadi, W. (2008). Project Based Learning: Pendekatan Pembelajaran Inovatif.

Santyasa, I. W. (2006). Pembelajaran Inovatif: Model Kolaboratif, Basis Proyek dan Orientasi NOS.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-01

Cara Mengutip

Azis, A., & Herianto, A. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(1), 93-99. https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.396

Terbitan

Bagian

Articles