Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Baubau

Penulis

  • Sardin Sardin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Basri Naenu Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.420

Kata Kunci:

kedisiplinan belajar dan hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Baubau. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Baubau yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 243 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 35% dari populasi atau sebanyak 85. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat, dengan analisis korelasi dan regresi sederhana. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi. Bersumber dari hasil analisis data dan taksiran regresi sederhana penilaian kedisiplinan (X) terhadap hasil belajar (Y) menghasilkan nilai signifikansi pada 0,036 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kedisiplinan (variabel bebas) terhadap hasil belajar (variabel terikat). Hasil output SPSS juga menghasilkan R2 adalah 0,052. Hal ini menunjukkan besarnya pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar adalah sebanyak 5,2%. Sesuai persamaan perumusan analisis regresi sederhana adalah Y = 53,029 + 0,164X terlihat variabel kedisiplinan di tingkat 1% lebih baik lagi maka hasil belajar siswa akan bertambah sebesar 0,164. Dengan demikian, berdasarkan keputusan hipotesis yang dapat diambil yaitu ada pengaruh positif yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Baubau

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alimaun, I. (2015). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Daerah Binaan R.A. Kartini Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Universitas Negeri Semarang.

Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233–238.

Elly, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Person Dasar, 3(4), 43–53.

Fitria, W. A., & Nurlita, M. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Daring SMP Negeri 18 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(2), 152–162. https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika

Isnaini, F., & Rifai, M. E. (2018). Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. CV Sindunata.

Lestari, D., & Darmita. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kaledupa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(1), 58–64. https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika

Mahmud, S., & Idham, M. (2017). Strategi Belajar-Mengajar(Pertama). Press, Syiah Kuala Universiti.

Musmin. (2020). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Baubau. Universitas Dayanu Ikhsanuddin.

Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis (T. A. Prabawati (ed.); 978th ed.). C. V ANDI OFFSET.

Rasmuin, & Syah, S. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Higher Order Thingking Skill (HOTS) pada Siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(1), 72–80. https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika

Sardin, & Basi, N. La. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII SMP Negeri 15 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(1), 36–43. https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika

Soyomikti, N. (2015). Teori-Teori Pendidikan Dari Tradisional, (NEO) Liberal, Marxis-Sosialis, Hingga Postmodern (1st ed.). Ar-Ruzz media.

Tilaar, H. A. . (2012). 10 Windu Pendidikan Nasional: Arah Kemana? (Sutjipto (ed.)). PT Kompas Media Nusantara.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-15

Cara Mengutip

Sardin, S., & Naenu, B. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(2), 100-107. https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.420

Terbitan

Bagian

Articles