Studi Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Antara Siswa Yang Diajar Dengan Metode Pemecahan Masalah dan Yang Diajar Dengan Metode Tanya Jawab

Penulis

  • Raden Heri Setiawan Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Serly Wijayanti Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.453

Kata Kunci:

prestasi belajar, metode pemecahan masalah, metode tanya jawab

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan antara siswa yang diajar dengan metode pemecahan masalah dan yang diajar dengan metode tanya jawab terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi antara siswa yang diajar dengan metode pemecahan masalah dan yang diajar dengan metode tanya jawab terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan metode pemecahan masalah dan siswa yang diajar dengan metode tanya jawab siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. Penelitian ini adalah penelitian Kuasi eksperimen dengan menggunakan metode pemecahan masalah dan metode tanya jawab pada pembelajaran Matematika. Sampel dipilih secara acak, dimana kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-10 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing adalah 24 orang. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari metode pemecahan masalah dan metode tanya jawab terhadap prestasi belajar matematika pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau, atau dapat dikatakan bahwa prestasi belajar dengan metode pemecahan masalah lebih baik dari pada metode tanya jawab

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Gino, Mengurai Benang Kusut Persoalan Pendidikan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan (LP3), 2003.

Depag, GBPP SLTP. Jakarta: Depag, 1993.

A. Negoro, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara, 1971.

S. Mappa, Tes sebagai Instrumen. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang, 1979.

Z. Arifin, Evaluasi Instruksional. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Hudoyo, Kegiatan Belajar Mengajar Matematika. Bandung: Bina Aksara, 1977.

R. Yuwono, Strategi Belajar Mengajar Matematika. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang, 1983.

P. Manalu, Strategi Belajar dengan Pemecahan Masalah. Jakarta: Depdikbud, 1980.

Hudoyo, Pemecahan Masalah di Dalam Pengajaran Matematika. Jakarta: Depdikbud, 1980.

Sastrodudirdjo, Pengembangan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Yogyakarta: Depdikbud, Direktorat PMU, 1988.

A. Sutawidjaya, Pendidikan Matematika III untuk PGSD Guru Kelas. Jakarta: Depdikbud, 1991.

Sudirman, Ilmu Pendidikan. Bandung: Remadja Karya, 1987.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2008.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-15

Cara Mengutip

Setiawan, R. H., & Wijayanti, S. (2021). Studi Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Antara Siswa Yang Diajar Dengan Metode Pemecahan Masalah dan Yang Diajar Dengan Metode Tanya Jawab. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(2), 117-122. https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.453

Terbitan

Bagian

Articles