Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gu

Penulis

  • Herlawan Herlawan Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Dian Lestari Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Astia Ningsih Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.464

Kata Kunci:

Pembelajaran Daring, Minat Belajar, Prestasi Belajar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Gu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Ex-post Facto, dimana populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Gu dengan jumlah 248 siswa yang tersebar dalam 8 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 25% dari populasi yaitu sebanyak 62 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket, data ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Data  penelitian ini diperoleh berdasarkan hasil analisis inferensial dengan melihat uji normalitas diperoleh nilai signifikan sebesar 0,200>0,05, uji linearitas diperoleh nilai signifikan  sebesar 0,283>0,05, uji autokorelasi dengan melihat nilai dw sebesar 1,433< du yakni 1,6561 dan kurang dari (4 – du) 4 – 1,6561 dan uji heteroskedastisitas diperoleh nilai signifikan sebesar 0,586>0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa data tersebut berdistribusi normal, linear, terdapat gejala autokorelasi dan tidak terdapat gejala heteroskedastisitas. Dengan menggunakan regresi linear sederhana diperoleh persamaan: Y = 28,922 + 0,727x. Sedangkan nilai F hitung yang diperoleh sebesar 42,476 dengan nilai signifikan sebesar 0,00<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 diterima, artinya terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Gu.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Zainul Imron, & Taufq., I. (2017). Buku Guru Matematika (Edisi Revi). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hidayanti, A. (2020). Hubungan Persepsi Siswa Mengenai Mata Pelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau. Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau.

Longa, A. E. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X Ips 3 SMA Negeri 1 Maumere. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, 2(2), 49–57. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/1440

Nurmiati, N., Gusti, S., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Leuwol, A. S. N. V., Apriza, A., Sahabuddin, A. A., Setianto, P. H. A. Y., Metanfanuan, T., Uktolseja, L. J., Gaspersz, J. S., Karwanto, K., Bungin, E. R., Jamaludin, J., & Warella, S. Y. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covis-19. Yayasan Kita Menulis.

Sutriyani, W. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa PGSD Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 2(1), 155–165.

Wahida, F. (2016). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.

Warliani, R., & Fauziyyah, S. A. (2020). Kesiapan Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 14(2), 372–377. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/1031

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-15

Cara Mengutip

Herlawan, H., Lestari, D., & Ningsih, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gu. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(2), 184-190. https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.464

Terbitan

Bagian

Articles