Reliabilitas Tes Buatan Guru Mata Pelajaran Matematika Menurut Teori Tes Klasik Tingkat SMP Di Kota Baubau

Penulis

  • Rasmuin Rasmuin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Ernawati Jais Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Anak Agung Sri Mega Wahyuni Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.465

Kata Kunci:

reliabilitas tes, buatan guru, teori tes klasik

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah tingkat reliabilitas tes buatan guru mata pelajaran matematika tingkat SMP di Kota Baubau menurut teori tes klasik?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tingkat reliabilitas tes buatan guru mata pelajaran matematika tingkat SMP di Kota Baubau menurut teori tes klasik. Pengumumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar jawaban soal pilihan ganda siswa SMP kelas VIII yang mengikuti ulangan akhir semester genap mata pelajaran matematika tahun ajaran 2020/2021 beserta kunci jawabannya dengan menggunakan aplikasi ITEMAN. Data yang  diperoleh dianalisis dengan analisis kuantitatif menurut teori tes klasik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan yakni Tingkat Reliabilitas Tes Buatan Guru Mata Pelajaran Matematika Menurut Teori Tes Klasik Tingkat SMP di Kota Baubau yang dianalisis dengan program Iteman memiliki tingkat reliabilitas berdasarkan kategori kriteria terdiri dari 7 sekolah yakni SMP Negeri 4 Baubau 0,844 > 0,600 kategori sangat tinggi, SMP Negeri 2 Baubau sebesar 0,719 > 0,600 dan SMP Negeri 18 Baubau 0,778 > 0,600 kategori tinggi, SMP Negeri 8 Baubau 0,410 > 0,600 kategori cukup, SMP Negeri 10 Baubau sebesar 0,337 < 0,600 kategori rendah, SMP Negeri 6 Baubau sebesar -0,173 dan SMP Negeri 16 Baubau sebesar -0,448 < 0  kategori tidak reliable.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azis, A., & Sugiman, S. (2015). Analisis kesulitan kognitif dan masalah afektif siswa SMA dalam belajar matematika menghadapi ujian nasional. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 162-174.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Hasniati, H., Jais, E., & Herlawan, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tomia. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(2), 133–139. https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/268

Lestari, D., & Sardin, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Knisley Terhadap Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(1), 49–52. https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika

Nidawati, N. (2013). Belajar Dalam Perspektif Psikologi dan Agama. Jurnal Pionir, 1(1), 13–28. https://doi.org/10.22373.

Nuswowati, M., Binadja, A., Soeprodjo, S., & Ifada, K. E. N. (2010). Pengaruh Validitas Dan Reliabilitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Bidang Studi Kimia Terhadap Pencapaian Kompetensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 566–573.

Purwanto, N. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Rasmuin, R., & Ningsih, T. A. (2020). Pengaruh Pembelajaran dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Negeri 4 Baubau. 6(1), 22–29.

Saat, S. (2015). Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 1–17. ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/407.

Sarea, M. S., & Ruslan, R. (2019). Karakteristik Butir soal: Classical Test Theory Vs Item Response Theory. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1–16. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.296

Sinaga, F. N., Huzaifah, S., & Santoso, L. M. (2016). Penerapan Model Bermain Peran Pada Pembelajaran Biologi Materi Kode Genetik dan Sintesis Protein di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Pembelajaran Biologi, 3(2), 214–222. https://core.ac.uk/download/pdf/267822808.pdf

Susdelina, S., Perdana, S. A., & Febrian, F. (2018). Analisis Kualitas Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep Persamaan Kuadrat Melalui Teori Tes Klasik Dan Rasch Model. Jurnal Kiprah, 6(1), 41–48.

Utomo, B. (2018). Analisis Validitas Isi Butir Soal sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Berbasis Nilai-Nilai Islam. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2), 146–159. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jmtk

Widodo, P. B. (2006). Reliabilitas Dan Validitas Konstruk Skala Konsep Diri Untuk Mahasiswa Indonesia. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.14710/jpu.3.1.1

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-15

Cara Mengutip

Rasmuin, R., Jais, E., & Wahyuni, A. A. S. M. (2021). Reliabilitas Tes Buatan Guru Mata Pelajaran Matematika Menurut Teori Tes Klasik Tingkat SMP Di Kota Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(2), 191-196. https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.465

Terbitan

Bagian

Articles