Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Buton
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.467Kata Kunci:
pengaruh kemandirian belajar dan prestasi belajar matematikaAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswakelas VII SMP Negeri 8 Buton?Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhkemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Buton. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Ex Post Facto yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Buton yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 139 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling, yang akan dipilih 2 kelas dari 5 kelas secara acak. Setelah dilakukan pemilihan sampel diperoleh sampel penelitiannya yaitu kelas VII 2 dengan jumlah 27 siswa dan kelas VII 3 dengan jumlah 27 siswa, sehingga total sampelnya yaitu 54 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi linear:. Dengan nilai t sebesar 2.094, signifikan pada 0,041 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H1diterima, atau H0 ditolak. Artinya ada pengaruhyang signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Buton.
Unduhan
Referensi
Achmadi, R. N., & Hidayat, A. M. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Honda Beat di Kota Bandung tahun 2017. EProceedings of Applied Science, 4(1).
Darmaningrum, R. H. (2016). Konstruksi Skala Kecerdasan Sosial Remaja Berdasarkan Virtues In Action-Inventory Of Strengths (VIA). University of Muhammadiyah Malang.
Fajri, N., Yoesoef, A., & Nur, M. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan strategi joyful learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII MTsN Meuraxa Banda Aceh. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 1(1).
Hidayat, M. A., & Sutirna, S. S. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Meidya, M.Y, Ada 115176. (2020). “Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN-1 Menteng Tahun Ajaran 2019/2020.” Universitas Palangka Raya.
Pita, Waode. (2016). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Matematika Pada siswa kelas X SMA Negeri 4 BauBau. Skripsi: Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Rimayasi, (2012). Hubungan Persepsi Siswa Pada MataPelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau. Baubau: UNIDAYAN.
Suardi, S. (2019). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada PT Bank Mandiri, Tbk Kantor Cabang Pontianak. Business, Economics and Entrepreneurship, 1(2), 9–19.
Suwanda, T. (2011). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERMEDIAKAN KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN (PTK Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/201. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wibisono, D. (2005). Metode Penelitian & Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.
Yazid, M. (2019). Hubungan Penerimaan Diri (Self Acceptance) Dengan Keterlibatan Terhadap Kegiatan Akademik (Academic Involvement) Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Sumberjo Kandat. IAIN Kediri.