Estimasi True Score dan Kesalahan Baku Pengukuran Tes Buatan Guru Bidang Studi Matematika Menurut Teori Tes Klasik pada Tingkat SMP

Penulis

  • Rasmuin Rasmuin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Desy Rahayu Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.468

Kata Kunci:

True Score, Kesalahan Baku Pengukuran, Tes Buatan Guru, Teori Tes Klasik

Abstrak

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah estimasi true score dan kesalahan baku pengukuran tes buatan guru bidang studi matematika menurut teori tes klasik pada tingkat SMP di kota Baubau? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui estimasi true score dan kesalahan baku pengukuran tes buatan guru bidang studi matematika menurut teori tes klasik pada tingkat SMP di kota Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian  adalah seluruh tes pilihan ganda yang dibuat oleh guru untuk kegiatan ulangan akhir semester genap siswa kelas VIII tahun ajaran 2020/2021 bidang studi matematika pada 7 SMP Negeri di kota Baubau. Instrumen penelitian ini adalah lembar jawaban dan kunci jawaban siswa yang dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan program ITEMAN. Hasil penelitian menunjukan besarnya kesalahan baku pengukuran (E) tes buatan guru matematika pada tingkat SMP di kota Baubau yang terdiri dari 7 sekolah relatif kecil, diantaranya SMP Negeri 1 Baubau sebesar 2,224, SMP Negeri 3 Baubau sebesar 2,680, SMP Negeri 5 Baubau sebesar 2,005, SMP Negeri 7 Baubau sebesar 2,147, SMP Negeri 9 Baubau sebesar 1,450, SMP Negeri 11 Baubau sebesar 1,883, dan SMP Negeri 17 Baubau sebesar 1,995. Hal ini menunjukan bahwa skor amatan yang diperoleh siswa (X) cenderung mendekati skor yang sebenarnya (T).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anzar, W. O. S. A. P., & Lestari, D. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Buton. Akademik Pendidikan Matematika, 6(2), 91.

Azis, A., & Sugiman, S. (2015). Analisis kesulitan kognitif dan masalah afektif siswa SMA dalam belajar matematika menghadapi ujian nasional. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 162-174.

Azis, A., & Nurlita, M. (2017). Analisis Kualitas Tes Try Out Ujian Nasional Tingkat SMP Se-Kota Baubau Buatan Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 3(1), 86. https://doi.org/10.31219/osf.io/u9fek

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen dan Nontes. Mitra Cendika Press.

Ruslan, R. (2017). Estimasi Kesalahan Baku Pengukuran Soal Try Out Usbn Kimia SMA Kota Makassar.

Safari. (2005). Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non-Tes. Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia Departemen Pendidikan Nasional.

Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Raja Grafindo.

Yusdiana, Zamsir, & Kodirun. (2018). Kualitas Tes Sumatif Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian Pendidikan Matematika, 6(3), 147.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-15

Cara Mengutip

Rasmuin, R., & Rahayu, D. (2021). Estimasi True Score dan Kesalahan Baku Pengukuran Tes Buatan Guru Bidang Studi Matematika Menurut Teori Tes Klasik pada Tingkat SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(2), 132-141. https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.468

Terbitan

Bagian

Articles