Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 6 Batauga

Penulis

  • Anwar Anwar Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Minarti Rajun Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.469

Kata Kunci:

Penggunaan metode problem solving untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita

Abstrak

Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pembelajaran matematika dengan metode problem solving terhadap kemampuan penyelesaian soal cerita pada siswa kelas IX SMP Negeri 6 Batauga?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika dengan metode problem solving terhadap kemampuan penyelesaian soal cerita pada siswa kelas IX SMP Negeri 6 Batauga. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 6 Batauga yang terdiri dari 2 rombongan belajar dengan rincian kelas IX A sebanyak 23 siswa dan kelas IX B sebanyak 22 siswa dan sampel pada penelitian ini diambil dari seluruh populasi. Pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji beda rata-rata. Namun sebelumnya, dilakukan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa berdasarkan hasil analisis deskriptif nilai rata-rata peningkatan hasil tes siswa kelas eksperimen sebesar 23,7391, rata-rata peningkatan hasil tes siswa kelas kontrol sebesar 16,4762, dan berdasarkan hasil analisis inferensial dengan melihat uji normalitas diperoleh nilai signifikan hasil tes siswa kelas eksperimen sebesar 0,200 dan kelas kontrol sebesar 0,133, sedangkan pada uji homogenitas menunjukkan nilai signifikan pada kedua kelas 0,073 > 0,05. Sehingga dapat dikatakan kedua kelas tersebut berdistribusi normal dan homogen. Dengan menggunakan uji-t diketahui nilai signifikan 0,001 < 0,05 yang berarti H0 ditolak. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran matematika dengan metode problem solving terhadap kemampuan penyelesaian soal cerita matematika pada siswa kelas IX SMP Negeri 6 Batauga.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anwar, & Usa, S. L. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 1(6), 43–48.

Azis, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(1), 64–72. https://doi.org/10.31219/osf.io/7fpjz

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS IMB 19. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lestari, D., & Sardin. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Knisley Terhadap Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 1(6), 49–52.

Wartini, I., Mangkuwibawan, H., & Anwar, C. (2018). Penerapan Metode Problem Solvong Untuk Meningkatakan Pemahaman Matematika. Journal Of Islamic Primary Education, 2(1), 1–9.

Wulandari, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Nanggulan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-15

Cara Mengutip

Anwar, A., & Rajun, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 6 Batauga. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(2), 152-157. https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.469

Terbitan

Bagian

Articles