Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Baubau Di Era Pandemi Covid-19

Penulis

  • Artati Iriana Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Putu Yulianingsih Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.472

Kata Kunci:

kemandirian belajar, prestasi belajar

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 11 Baubau di era pandemi Covid-19.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 11 Baubau di era pandemi Covid-19.Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 11 Baubau yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah keseluruhan  sebanyak 91 siswa. Sampel yang diambil adalah sebanyak 61 siswa dari jumlah populasi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana.Dari hasil analisis deskritif data menunjukan bahwa tingkat kemandirian belajar siswa secara umum masih dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 70,49%. Sedangkan untuk tingkat prestasi belajar matematika siswa secara umum masih dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 68,85%. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan regresi linear sederhana diperoleh persamaan regri linear: Y = 0,957 + 0,621X. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu menunjukan bahwa kemandirian belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 11 Baubau di era pandemi Covid-19. Hal ini ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar 7,227 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,001 signifikan pada 0,000 < 0,05.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aziz, A., & Basry. (2017). Hubungan Antara Kompetensi Guru Dan Kepercayaan Diri Dengan Kemandirian Siswa SMP N 2 Pangkalan Susu. Jurnal Psychomutiara, Volume 1(1), 17.

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Martin Bernard. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMKN 1 Cihampelas. Journal On Education, Volume 01(02), 382–389.

Ferdiansyah. (2018). Pengaruh Komunikasi Terhadap Efektivitas Organisasi (Studi Kasus Pada Pihak Struktural SMK Letris Indonesia 2 Pamulang). Jurnal KREATIF: Pemasaran, Sumberdaya Manusia dan Keuangan, Volume 6(2), 137–138.

Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.

Laksana, A. P., & Hadijah, H. S. (2019). Kemandiriaan Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Independence As A Determinant Of Student Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 4(1), 1–7.

Munansista, W. O. Y. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Diera Pandemi Covid-19 Pada Sisa SMP Negeri 3 Kalisusu. Universitas Dayanu Ikhsanuddin.

Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak Dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD), Volume 20(2), 151–157.

Syafi`i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Kominikasi Pendidikan, Volume 2(2), 117–122.

Tasaik, H. L., & Tuasikal, P. (2018). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasi. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Volume 14(1), 45–55.

Uki, F., & Ilham, A. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Di SDN 03 Limboto Barat Kabupaten Gorotalo. AKSARA: Jurnal Pendidikan Nonformal, Volume(01), 89–90.

Zainwal, & Aulia, F. (2019). Kategorisasi Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Aliyah. Educatio, Volume 14(1), 56–63.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-15

Cara Mengutip

Iriana, A., & Yulianingsih, P. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Baubau Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(2), 197-203. https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.472

Terbitan

Bagian

Articles